Mengenal Zakat Mal dan Cara Menghitungnya

BNews–NASIONAL– Sejatinya, zakat terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah zakat mal. Zakat mal diambil dari kata Bahasa Arab yang artinya kekayaan atau harta. Zakat mal adalah zakat yang dari segala jenis harta yang diperoleh secara halal dan sesuai ajaran agama Islam.

Mengenal Zakat Mal dan Perhitungannya

Sebagai umat muslim, mengeluarkan zakat adalah kewajiban sebagai ketakwaan pada Allah SWT sekaligus pembersihan harta dari riba dan lainnya. Untuk zakat mal, terdiri dari beberapa bagian.

Saat mengeluarkan zakat mal, harus mengetahui untuk siapa zakat diberikan. Pasalnya zakat mal terbagi beragam kekayaan.

Diantaranya uang, hasil barang tambang, hasil laut, penghasilan profesi dan lainnya.

Agar ikhlas mengeluarkan zakat mal, Anda harus mengetahui syarat harta terkena zakat mal.

Dengan begitu tidak keberatan setelah mengetahui perhitungan mengeluarkan zakat, berikut ada syarat yang harus diketahui:

  1. Kepemilikan Penuh

Mengingat zakat mal adalah zakat atas kekayaan, kewajiban mengeluarkan zakat mal adalah harta sepenuhnya milik Anda. Jika harta didapat melalui bantuan orang lain dan bukan sepenuhnya milik Anda, tidak ada kewajiban mengeluarkan zakat mal.

  • Harta bisa Berkembang

Syarat mengeluarkan zakat mal berikutnya adalah harta bisa berkembang atau dimanfaatkan banyak orang. Banyak jenis harta yang bisa berkembang, misalnya aset surat berharga, petani dengan sawah yang berkembang, pedagang yang berkembang dan mendatangkan banyak harta dan lainnya.

  • Cukup Nishab

Hukum mengeluarkan zakat mal adalah wajib jika kekayaan Anda memenuhi persyaratan mengeluarkan zakat mal. Salah satunya sudah cukup nishab, harta dikatakan cukup nishab adalah 85 gram jika harta dalam bentuk emas.

Jika harta dalam bentuk lain, dihitung berdasarkan harga emas 85 gram. Dari nishab tersebut diambil 2,5 persen untuk zakat mal.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sejatinya, perubahan harga emas mengalami kenaikan dan penurunan secara berkala. Jika harga emas per gram Rp. 900.000, maka batas nisabnya Rp76.500.000. Saat Anda memiliki kekayaan Rp76.500.000 atau 85 gram emas yang sudah mengendap satu tahun, Anda berkewajiban mengeluarkan zakat mal.

  • Bebas dari Hutang

Walaupun mengeluarkan zakat mal adalah wajib untuk harta kepemilikan penuh, Anda harus bebas hutang. Jangan sampai mengeluarkan zakat mal tetapi hutangnya banyak, alhasil Anda tidak ikhlas mengeluarkan zakat.

  • Harta didapat dengan Halal

Sebagai umat muslim, mencari uang harus halal sehingga sesuai dengan kaidah agama Islam. Apalagi harta didapat dengan halal adalah persyaratan mengeluarkan zakat mal, ketahui waktu mengeluarkan zakat mal sehingga mendapat pahala dan manfaatnya.

Sebelum mengeluarkan zakat mal, ketahui cara menghitungnya agar zakat diterima Allah SWT. Banyak pertanyaan mengenai zakat mal berapa persen? Sejatinya, zakat mal adalah 2,5%. Usahakan membayar zakat di lembaga resmi offline maupun online. Dengan begitu penyalurannya tepat.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Banyak lembaga resmi yang dipilih. Diantaranya adalah BAZNAS, Lembaga Amil Zakat, dan Unit Pengumpul Zakat.

Menurut Surat At-Taubah ayat 60, Allah SWT menetapkan ketentuan orang yang berhak menerima zakat mal. Diantaranya adalah 8 Asnaf yang menerima manfaat zakat sebagai berikut:

  • Fakir, orang yang berhak menerima zakat mal pertama adalah fakir, orang yang tak memiliki harta maupun tempat tinggal.
  • Miskin, orang miskin yang memiliki harta dan tempat tinggal tetapi kekurangan ekonomi.
  • Amil, orang yang mengelola dan mendistribusikan zakat ke masyarakat yang membutuhkan.
  • Mualaf
  • Budak atau hamba sahaya
  • Gharimin, atau orang yang terlilit hutang dengan tujuan memenuhi kebutuhannya.
  • Fisabilillah, Fisabilillah adalah orang yang berjuang menegakkan agama Islam.
  • Ibnu sabil, musafir yang di perjalanan kehabisan bekal maupun biaya kembali ke tempat tinggal.

Untuk menambah wawasan mengenai zakat dan wakaf, bisa follow Instagram Literasi Zakat Wakaf pada akun @literasizakatwakaf dan Subscribe Youtube Literasi Zakat Wakaf. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: