Mengenang Ambrolnya Jembatan Krasak Salam Karena Terbakar

BNews—SALAM– Jembatan Krasak yang membentang diatas sungai menghubungkan Jawa Tengah dan Yogjakarta pernah memiliki sejarah kelam. Jembatan itu ambrol karena terbakar.

Menurut sejumlah sumber, Jembatan Krasak pernah runtuh pada tahun 1991. Penyebabnya adalah kecelakaan sebuah truk pengangkut bensin.

Wartono, sesepuh desa setempat mengatakan kecelakaan itu mengakibatkan mobil tanki pengangkut bensin itu terguling. Bensin tumpah.

Awalnya, truk melaju kencang dari arah Yogyakarta menuju Magelang berkejaran dengan sebuah bus umum. Sesampainya diatas jembatan truk tersebut oleng dan terguling, gandengannya terlepas.

Besi pengaitnya mengenai aspal menimbulkan percikan api. Sesaat kemudian api menyambar tangki BBM dan terbakar hebat hingga menimbulkan ledakan dahsyat.

Panas api dan kuatnya ledakan menyebabkan kerangka besi jembatan meleleh dan runtuhlah struktur bangunan jembatan. Jembatan Krasak kemudian segera diperbaiki mulai tanggal 23 mei hingga 2 agustus 1991.

SEJARAH: Ledakan tangki dari truk pengangkut bahan bakar minyak runtuhkan jembatan krasak tahun 1991 (Foto: istimewa)
SEJARAH: Ledakan tangki dari truk pengangkut bahan bakar minyak runtuhkan jembatan krasak tahun 1991 (Foto: istimewa)

Jembatan ini berada di atas jalan negara yang merupakan jalur utama transpotasi antara Yogyakarta dan Semarang via Magelang. Sebelum Jembatan Krasak diperbaiki dibuat Jembatan Bailey yang merupakan jembatan pengganti sementara.

Setahun kemudian, di sebelah Timur Jembatan tersebut dibangun sebuah jembatan lagi. Sehingga setelah itu di Jalan Magelang di atas Sungai Krasak membentang 2 Jembatan seperti yang ada saat ini.

Pada saat pembangunan Jembatan Krasak, dua orang pekerja konstruksi tewas karena galian pondasi sedalam 30 meter yang sedang dikerjakan runtuh dan menimpa mereka. Untuk mengenang kedua pekerja itu, Susiani dan Ahwo, dibuatkan monumen berupa patung dua pekerja berhelm proyek yang sedang mengebor. (bsn/wan)

3 Comments
  1. S.Y.Didik W says

    Terima kasih kepada PT Borobudur Press, atas informasi tentang runtuhnya jembatan krasak. Apakah diijinkan foto yang ada ini untuk saya gunakan sebagai bahan dokumentasi yang mungkin bisa saya unggah ke media lain dalam bentuk yang lain. Bila diijinkan akan saya cantumkan sumber dari foto ini. Mohon informasinya. Terima kasih.

    1. BNews 2 says

      Monggo

      1. baskoro says

        Seingat saya, yang punya foto itu, seorang pemilik studio foto, yang ada di dekat lokasi. pas kejadian langsung mendokumentasi. foto ini pernah dimuat di koran (suara merdeka)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: