Menikmati Golden Sunrise Dan Sejuknya Alam Di Mangli Sky View Magelang

BNews–MAGELANG– Waktu sudah menunjukkan di pukul 03.00 pagi. Jika dari seputaran Magelang waktu yang tepat untuk bergegas berburu matahari terbit.

Kali ini, targetnya adalah Golden Sunrise Mangli Kecamatan Kaliangkrik. Disana sering disebut  surga kecil yang tersembunyi. Ada secuil surga yang diletakkan Tuhan untuk menikmatinya.

Nama lokasinya, Mangli Sky View atau sering dikenal juga Gardu Pandang Mangli, yang sudah ada beberapa waktu. Ribuan wisatawan dari berbagai daerah sudah menginjakkan kakinya di wisata di lereng sumbing tersebut.

Dari Kota Magelang cukup mengarahkan kendaraan menuju kawasan Kecamatan Bandongan. Kemudian lurus terus mengikuti jalan aspal lurus hingga Kecamatan Kaliangkrik. Jalannya bagus.

Jika lancar perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Lokasinya ada di desa tertinggi yang berbatasan langsung dengan Hutan Sumbing. Kira kira ada di 1500 meter diatas permukaan laut.

Karena tingginya medan, jaket slayer penutup kepala adalag aksesoris yang bisa menghangatkan tubuh. Brrrrrr…dingin sekali udaranya terlebih dimusim kemarau ini.

Suara adzan sayup sayup mulai terdengar. Aktifitas masyarakat mulai terlihat. Kebanyakan hendak turun menjual sayur ke pasar pasar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sekarang ada banyak spot pilihan di Mangli. Jumlahnya terus bertambah. Pemuda setempat mulai bergeliat di dunia wisata.

Kali ini Gardu Pandang Mangli jadi tujuan. Lokasi ini dikelola pemuda setempat. Mereka membentuk kelompok lalu mengorganisasi diri untuk mengembangkan wisata di sana.

Pertunjukan dimulai. Sekitar pukul 04.30 serabut emas mulai muncul.

Pemukiman di Dusun Dadapan, dan Desa Kebonlegi yang berada tepat di bawahnya mulai terlihat. Kemudian di sisi barat, raksasa megah Gunung Sumbing juga terlihat sangat perkasa.

Layar raksasa mulai memmunculkan mentari. Di ufuk timur, muncul bola raksasa bewarna keemasan dari sela Gunung Telomoyo dan Andong. Dialah yang disebut dengan “golden sunrise”.

Disekitarnya ada Kabut tebal yang menyerupai kapas menutup wilayah Kota Magelang dan sekelilingnya.

Suasana cerah justru terlihat di puncak Merapi dan Merbabu. “Ini surga kecil di Magelang,” kata Setyo salah satu wisatawan.

Puas telah menemukan golden sunrise, santai menikmati udara pagi sambil ngopi juga layak dicoba. Keramahan warga akan membuat kangen suasan Mangli.

“Ah, Tuhan sedang tersenyum saat membuat Magelang,” imbuhnya.

Sementara pengelola lokasi wisata tersebut, Pras panggilannya mengatakan lambat laun waktu beberapa pembenahan sudah dilakukan. Mulai dari penambahan spot foto, mini cafe dan paket wisata disiapkannya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Ya mulai paket wisata Petik sayur dengan request untuk carikan lahan yang siap panen. Ada juga Paket jadi Tani dengan praktek nyangkul, nanam sayuran, lanjut mupuk, sampai panen sayuran. Hasil nanam sendiri sekaligus bisa dimasak disini,” ujarnya.

Jangan tanya soal spot foto, banyak titik lokasi disiapkan dengan background hamparan alam lereng gunung sumbing. Paket camping juga disediakan pengelola dengan ornamen space yang memukau.

“Untuk cafe mini kita tentunya ada menu istimewa, antara lain  teh mangli, coklat Lezat cinta melekat, kopi asli robusta arabica. Semua disajikan panas agar bisa menemani rasa sejuk dingin di lokasi ini,” imbuhnya.

Menurutnya, Mangli Sky View atau Gardu Pandang Mangli memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 1.570 mdpl.

“Dengan ketinggian yang cukup lumayan, terlihat beberapa bentang alam yang mempesona seperti kemegahan gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing. Pemandangan di Kota Magelang serta hijaunya perkebunan warga yang mengelilingi lokasi gardu pandang dapat terlihat jelas dari lokasi ini,” paparnya.

Pras juga menyebutkan untuk harga tiket masuk relatif murah. “Untuk HTM masih RP 10.000 dan parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor. Untuk paket wisata masih uji coba, jadi harus pesan dulu untuk berapa orang. Bisa hubungi saya di Nomor WA +62 818-0254-6939,” teranganya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: