Sebanyak 18 Fasilitas Kesehatan Di Kota Magelang Siap Layani Vaksinasi Covid-19

BNews–KOTA MAGELANG– Vaksinasi Covid-19 juga akan dilaksanakan oleh PemkotaMagelang. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan 18 lokasi untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Sebanyak 18 fasilitas kesehatan (faskes) Kota Magelang siap melayani vaksinasi COVID-19,” kata Sekda Pemerintah Kota Magelang Joko Budiyono. Dikutip Antara (11/1/2021)

Dia juga menyebutkan sejumlah fasilitas kesehatan tersebut terdiri atas puskesmas, rumah sakit negeri maupun swasta, dan klinik. Namun, sebelum dilakukan vaksinasi ke masyarakat akan dilakukan sosialisasi untuk menghindari terjadinya penolakan vaksinasi.

“Kita ketahui bersama media sosial dengan berita hoaks berkaitan dengan vaksin ini luar biasa. Hal ini kalau tidak diantisipasi apa yang diselenggarakan pemerintah supaya masyarakat mau divaksin ini kemungkinan ada hambatan,” imbuhnya.

Joko mengungkapkan, vaksin yang akan diberikan adalah vaksin yang dihasilkan oleh empat negara, yaitu China, Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris. Pada tahap pertama, katanya vaksin yang beredar adalah Sinovac dari China.

 “Sebenarnya sama semua, kualitasnya sudah diuji coba, semuanya sama,” katanya.

Dia juga menjelaskan rencana waktu untuk lakukan vaksinasi tersebut. “Kalau secara nasional presiden akan mencanangkan vaksinasi COVID-19 ini pada 13 Januari 2021. Lalu tingkat provinsi pada 16 Januari 2021, selanjutnya tingkat kabupaten/kota antara 20-21 Januari 2021,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Joko menyebutkan untuk tahap pertama ini Kota Magelang mendapat jatah 4.600 dosis vaksin COVID-19. Dan sekitar 4.400 dosis akan digunakan untuk dua kali vaksin tenaga kesehatan.

“Sisa vaksin untuk Forkompimda, termasuk tokoh-tokoh yang lain, kemudian pejabat yang berhubungan dengan masyarakat; dan tahap berikutnya adalah ASN, TNI dan Polri,” katanya.

Ia menyampaikan menurut informasi pada Januari ini vaksin sudah dibagikan ke kabupaten/kota. “Tetapi sampai hari ini belum datang dan belum ada informasi kapan datang,” pungkasnya. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: