Menikmati Pemandian Air Hangat “Ngasinan” Di Tempuran Yang Masih Alami

BNews–MAGELANG- Selain kolam di Candi Umbul Grabag, Di Magelang masih ada satu tempat lagi untuk pemandian air hangat. Bahkan sekarang sudah dijadikan salah satu kunjungan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Lokasi berada di daerah Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Namanya Pemandian Air Hangat Ngasinan.

Untuk lokasi persisnya berada di Dusun Kasuran Desa Sumberarum Kecamatan Sumberarum. Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati pemandian air hangat yang masih asri, fres dan cocok untuk keluarga.

Kenapa disebut masih fresh dan asri, karena air hangat tersebut bersumber langsungd ari sebuah mata air alami.

Meski belum diekspos secara besar-besaran, keberadaan pemandian air hangat Ngasinan sudah diketahui oleh banyak orang. Akses menuju lokasinya cukup mudah karena jalannya sudah beraspal.

Bahkan, sekarang sedang ada pembangunan perumahan di sekitar pemandian ini. Dengan begitu, pembangunan akses jalan semakin bagus.

Jika kalian hendak menuju lokasi, datang dari arah Kota Magelang kamu mengambil jalan raya Magelang-Purworejo. Setelah ketemu Kantor Kecamatan Tempuran, maka maju sedikit hingga ada perempatan lampu merah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kemudian, belok ke kiri sejauh sekitar 2 km. Sesampai di Dusun Curug, belok ke arah kiri. Ikuti saja jalannya.

Bagi masyarakat daerah Tempuran Magelang dan sekitarnya, mereka sudah mendengar bahwa mandi di lokasi tersebut  bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal.

Hal tersebut sudah menjadi kepercayaan warga sekitar secara turun temurun. Sehingga banyak yang mengalami penyakit gatal kemudian sembuh setelah mandi di sini.

Lokasi tersebut diketahui  sudah ada sejak zaman penjahan Belanda, dan hingga kini tidak banyak perubahan struktur bangunannya.

Dulu yang bikin pondasi di sumber air hangat adalah Belanda, kemudian ditembok seperti bilik dan digunakan untuk terapi mandi. Karena air hangat tersebut  mengandung sulfur, sehingga bisa mengobati penyakit kulit.

Disebut Pemandian Air Panas Ngasinan karena air hangat yang keluar terasa asin.

Bahkan sekarang sudah ada kolam renang luas yang berisikan air hangat tersebut. Dan biasanya dikunjungi oleh ratusan pengunjung tiap harinya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: