Menteri LH : Kualitas Pasir Merapi Nomer Dua Dunia

Menteri Lingkungan Hidup bersama pejabat UGM saat melakukan penanaman pohon di Merapi Kabupaten Magelang, kemarin.
BNews—MAGELANG—Menteri Lingkungan Hidup (LH) Siti Nurbaya menyebut pasir Merapi memiliki kualitas terbaik se Indonesia. Bahkan, nomer dua didunia.
            Maka tidak heran deposit pasir Merapi banyak dieskploitasi. Sehingga, hal ini berdampak pada kerusakan lingkungan.
            “Pasir merapi dikenal memiliki kualitas nomor 1 di Indonesia dan nomor 2 di dunia. Semoga dengan ini, masyarakat sekitarnya menjadi lebih paham akan karakternya, dan semakin sejahtera kehidupannya. Apalagi, kini juga mulai dikembangkan menjadi lokasi wisata. Dan kunjungan wisata alam dan nasional, trennya sejak 2015 kemarin terus naik,” katanya di sela-sela penanaman pohon di Lereng Gunung Merapi Kecamatan Srumbung, kemarin.
            Penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis 67 Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta.
DPD PKS Magelang Ramadhan
“Kami menyambut baik apa yang dilakukan UGM ini. Apalagi tadi, kami mendengar rencana yang akan menjadikan Gunung Merapi sebagai pusat sains, laboratorium, penelitian dan pengabdian. Bahkan katanya, saat ini sudah bekerjasama dengan para ahli dari Perancis dan Jerman terkait hal itu,” kata Menteri LH, Siti Nurbaya.
            Khusus disini (Merapi), lanjutnya, pihaknya juga akan mengawal landschape akibat letusan-letusan yang masih sering terjadi. Apalagi, banyak masyarakat yang memintanya. Terlebih disekitarnya juga banyak penambang pasirnya.

            Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian, Suratman dalam sambutannya mengatakan, setelah memiliki sekolah sungai, pihaknya akan menjadikan Gunung Merapi sebagai pusat laboratorium dan penelitian. “Saat ini kami sudah mengandeng ahli dari Perancis dan Jerman. Merapi akan menjadi sekolah gunung. Kedepan, kami akan memberikan teknologi rekam data dan lainnya, sehingga masyarakat di Srumbung dan di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III lainnya, bisa berinovasi dan melakukan penyelamatan sedini mungkin,” katanya. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: