Meriahnya Kirab Jut Bio di Kota Magelang

BNews—MAGELANG— Ribuan orang memadati kawasan Alun-alun Magelang pada Minggu (1/10/2023). Mereka berbondong-bondong menyaksikan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi (Jut Bio) yang diikuti 102 kelenteng se-Jawa.

Ketua Yayasan TITD Liong Hok Bio Paul Chandra Wesi Aji mengatakan, kirab ini diikuti oleh ribuan umat Tri Dharma. Kirab Jut Bio kali ini digelar sebagai bagian dari Perayaan Kue Bulan yang diperingati setiap tanggal 15 bulan ke-8 berdasarkan Kalender China.

Pada kirab Jut Bio yang diadakan saban lima tahun itu, para peserta membawa tandu berisi kim sien atau patung dewa-dewi diarak keliling kota menempuh jarak sekitar lima kilometer. Titik start-finish di TITD Liong Hok Bio, Kota Magelang.

Paul Chandra menyebut, dari 102 kelenteng, 75 di antaranya membawa tandu patung dewa-dewi pada saat kirab. ”75 (mengikuti) kirab dan yang 27 di kelenteng,” ujarnya.

Pembina TITD Liong Hok Bio David Herman Jaya mengatakan bahwa ruwat bumi ini agar masyarakat senantiasa diberi kesehatan, sejahtera, usahanya lancar. Serta berdoa agar Pemilu 2024 lancar.

“Kami meruwat aja. Kami mengharapkan semuanya baik, lancar, sehat, dan semoga hujan turun pada waktunya. Itu saja, nggak ada makna khusus,” katanya.

Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz menyebut bahwa dengan adanya kirab Jut Bio, banyak orang yang datang ke Kota Magelang.

”Terima kasih kepada kelenteng se-Jawa untuk datang ke Magelang. Mudah-mudahan kita bisa melayani dengan baik,” ujarnya.

”Kota Magelang ini kecil, dan ini anugrah (karena) beberapa bulan ini ada event-event yang luar biasa. Tingkatnya Jawa Tengah maupun Jawa,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: