Meski Bulan Puasa, Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Magelang Tetap Buka

BNews–MAGELANG– Bulan Ramadhan telah tiba bagi mat muslim di Dunia. Namun tempat wisata tetap buka, meskipun terdapat larangan pemerintah untuk mudik lebaran.

Seperti salah satu wisata di Kabupaten Magelang, khususnya pendakian gunung sumbing ini tetap buka. Dimana jalur pendakian menuju Gunung Sumbing via Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, tetap buka pada puasa Ramadhan.

Adapun jalur pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, merupakan salah satu jalur favorit di kalangan pendaki. Terlebih saat ini, Dusun Butuh yang dikenal dengan sebutan Nepal Van Java.

Pengelola Basecamp Butuh, Lilik Setiyawan mengatakan, selama puasa Ramadhan jalur pendakian menuju Gunung Sumbing via Butuh tetap buka. Penutupan jalur pendakian akan dilakukan pada H-2 Lebaran dan buka kembali pada H+2 Lebaran.

“Untuk (puasa) pendakian tetap buka, besok tutupnya H-2 Lebaran dan buka lagi H+2 Lebaran,” kata Lilik (12/4/2021). dikutip detik.

Dasar alasan tetap buka pada puasa Ramadhan, kata Lilik, hal ini dilakukan untuk tetap melayani bagi pendaki yang nonmuslim. Mengingat pendaki yang nonmuslim juga ada sehingga tetap dilayani.

“Dasar dan alasan kenapa kita tetap buka, bukannya kita tidak menghargai yang sedang menjalankan ibadah puasa, tapi kan minat pendaki yang nonmuslim juga pun tetap masih ada. Lha, kita tetap memberikan pelayanan untuk mereka,” ujar Lilik yang juga Kepala Dusun Butuh, itu.

Hal ini, katanya, tetap berlaku sama sebagaimana yang dilakukan pada puasa tahun-tahun sebelumnya. Kemudian, untuk pendaftaran calon pendaki di Gunung Sumbing masih tetap sama harus melalui online. “Persyaratan tetap sama, booking (pendaftaran) online via instagram,” ujar dia. (***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: