MI Al Jihad 1 Kebonrejo Terus Latihan Persiapan Kompetisi Pencak Silat Virtual

BNews–MAGELANG-– Saat ini semua kegiatan akademik sekolah hampir seluruhnya dilakukan secara daring. Tidak terkecuali kegiatan ekstra kurikuler beladiri silat di MI Al Jihad 1 Kebonrejo Salaman Magelang.

Di madrasah yang pernah memiliki atlet dengan prestasi 3 besar Asia untuk kategori junior beberapa tahun lalu, saat ini dengan melatih bibit-bibit baru. Dan terlahirlah pesilat-pesilat handal dari madrasah yang dikepalai oleh Muh. Hidayat Rofik, S.Pd.

Tidak mudah memang untuk berproses di masa pandemi seperti sekarang ini. Namun begitu, dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan didukung oleh SOP dari KONI selaku induk olahraga, maka proses bisa dilakukan dengan lancar.

Kepala MI Al Jihad 1 Kebonrejo, Muh. Hidayat Rofik mengatakan untuk mengulang kejayaan yang pernah diraih maka kaderisasi dan pembinaan secara kontinyu mutlak harus dilakukan. “Hal ini meskipun di masa pandemi kegiatan tetap harus dilaksanakan dengan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang telah ditetapkan,” katanya (5/3/2021).

Sementara pendamping kegiatan siswa , Ahmad Luthfi Azizi, yang juga guru di madrasah tersebut, mengatakan bahwa latihan seni silat SD A dan SD B Pagar Nusa ini dilaksanakan rutin. Yakni setiap dua hari sekali, terkadang di waktu malam juga.

“Dan proses latihan ini dilaksanakan semenjak tahun lalu, tepatnya di bulan Oktober 2019 hingga sekarang,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk melakukan persiapan mengikuti kompetisi secara virtual. “Seperti persiapan pesilat-pesilat junior untuk mengikuti kejuaraan KEJURCAB 2 yang diadakan oleh PC NU Kabupaten Magelang secara virtual alias daring,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sedangkan Pelatih silat MI Al Jihad 1 Kebonrejo, Ilham Cholish Al Hafidh beserta tim, menyampaikan pentingnya nguri-uri warisan budaya asli Indonesia melalui seni bela diri pencak silat.

 “Dan dimana tanpa membanding-bandingkan satu dengan lainnya. Karena semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Atau mungkin bisa di sampaikan siji misi siji tujuan ojo nganti pecah mergo ngunggulke siji lan liyane,” ujarnya saat ditemui di sela-sela syuting untuk keperluan pengambilan gambar kejuaraan virtual. 

“Dan di MI Al Jihad 1 Kebonrejo juga mengenalkan banom-banom NU. Yakni di salah satunya melalui seni pencak silat nahdhatul ulama pagar nusa. Hal ini sebagai seni pencak silat asli pencak-nya NU,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: