Mulai Hari Ini 6 Stasiun Sediakan Tes Covid-19 Model GeNose, Ini Daftarnya

BNews–JOGJA– Mulai hari ini Enam stasiun akan menyediakan tes Covid-19 menggunakan pendeteksi virus Corona berbasis embusan napas alias GeNose (15/2/2021).  Stasiun tersebut yaitu Solo Balapan, Bandung, Gambir, Semarang Tawang, Cirebon, dan Surabaya Pasar Turi.

Menurut Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Didiek Hartantyo, respons masyarakat terhadap GeNose cukup baik. Salah satu kemungkinannya lantaran harga cek Covid-19 menggukan GeNose yang tergolong murah. Harga cek GeNose di Stasiun Tugu hanya berkisar Rp20.000.

Dibandingkan dengan cek lain, harganya bisa di atas Rp150.000. Terlebih ada tiket yang harganya Rp80.000 atau Rp70.000, sehingga biaya cek Covid-19 selain GeNose lebih mahal dari harga tiketnya. “PT. KAI yang pertama memanfaatan GeNose. Kami tunjukan bangga buatan Indonesia,” kata Didiek dalam konferensi pers di Stasiun Tugu pada Minggu (14/2/2021). “Maka ini harapan kami para penumpang akan semakin nyaman, [namun] tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).”

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau penggunaan GeNose di Stasiun Tugu. Menurutnya, dana subsidi untuk PT. KAI yang tahun 2021 mencapai Rp3,448 triliun, salah satunya untuk menjaga pelayanan agar tetap prima.

Pantauan Budi di Stasiun Tugu untuk memastikan penggunaan GeNose berjalan baik dan sesuai prokes. “GeNose merupakan produk anak bangsa yang harus kita kawal,” kata Budi. “[Penggunaan GeNose ini] mudah, tidak sakit, cepat, dan tentunya murah.”

Sebelum ada penambahan di enam stasiun, GeNose baru beroperasi untuk penumpang di Stasiun Tugu Jogja dan Senen Jakarta Pusat. Menurut Manager Humas Daerah Operasional (DAOP) 6 Jogja Supriyanto, pada hari-hari biasa, pengguna GeNose mencapai 700 penumpang. Sementara pada akhir pekan mencapai 900-an penumpang.

Pengguna GeNose biasanya bertambah pada libur panjang seperti Imlek saat ini. “[Sampai] jam 12 sudah ada 1.300-an [penumpang menggunakan GeNose],” kata Supriyanto saat ditemui para wartawan di Stasiun Tugu pada Minggu (14/2).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dalam pemeriksaan GeNose di Stasiun Tugu, tidak jarang ditemukan penumpang yang terdeteksi reaktif Covid-19. “Ada sih, sehari rata-rata tiga sampai empat. Hari minggu biasanya, hari biasa kaya Kemis (11/2/2021) kemarin nol,” kata Supriyanto.

Apabila ada penumpang yang reaktif Covid-19, maka pihak stasiun akan mengembalikan biaya tiket 100 persen. Kemudian penumpang tersebut disarankan untuk cek lanjutan di fasilitas kesehatan. “Di sini hanya deteksi saja kan, bukan memastikan itu sudah dalam kondisi [positif Covid-19],” kata Supriyanto.

Walau GeNose tergolong lebih murah, masih ada penumpang yang menggunakan swab antigen di Stasiun Tugu. Harga swab antigen di Stasiun Tugu sebesar Rp105.000. “Pengguna swab antigen masih banyak, kemarin masih 200 lebih, tergantung kebutuhan. Berlanjut naik pesawat atau kantornya masih butuh hasil swab antigen. Itu pilihan kepada masyarakat,” kata Supriyanto. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: