Nakes Positif Covid di Solo Sembuh Semua, Termasuk Tiga Dari Magelang

BNews—SOLO—Seluruh tenaga kesehatan (nakes) yang positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) Solo dinyatakan sembuh hingga Minggu (26/7/2020). Termasuk diantaranya tiga nakes asal Kabupaten Magelang.

Direktur RS UNS Solo, Hartono, menuturkan mereka adalah nakes positif dari klaster mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran (FK) UNS Solo. hampir seluruh dokter residen tersebut tanpa gejala atau asimtomatik

”Sudah dipulangkan semua, beberapa hari lalu. Rata-rata dirawat kurang dari 10 hari,” tuturnya, Minggu (26/7/2020).

Dia menjelaskan, proses tracing internal yang menyasar karyawan sudah selesai. Hasilnya yakni jumlah karyawan yang terkonfirmasi positif tak sampai 10 persen dari total karyawan yang mencapai 800-an orang.

Mereka yang sehat bisa kembali melakukan pelayanan dan yang tertular virus corona wajib menjalani karantina mandiri. ”Kami tidak mau rumah sakit sampai berhenti beroperasi karena terlambat penanganan,” tandasnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Setelah seluruh pasien dokter residen sembuh, RS UNS fokus menangani pasien umum. Hasil uji swab secara secara Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) ditargetkan dapat keluar dalam sehari, guna memetakan kamar rawat inap isolasi.

”Tidak boleh terlalu lama (hasil uji swab keluar) karena dapat menyedot jumlah kamar. Pasien suspek berada diruangan terpisah, sendirian. Sedangkan yang terkonfirmasi dapat dirawat dengan pasien konfirmasi lain dan jika hasilnya keluar negatif, bisa langsung dipindahkan ke bangsal umum,” jelas Hartono.

Sebagai informasi bahwa saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari kalangan umum yang dirawat di RS UNS, kata dia,  masih ada sekitar 23 orang. Namun, jumlah itu fluktuatif karena setiap hari ada pasien yang keluar maupun masuk. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: