Olahan Ketela Pohon Dan Ubi Ungu Jadi Fokus Pelatihan PPMT UNIMMA

BNEWS–TEMANGGUNG– Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) memberikan pelatihan pembuatan olahan makanan. Kali ini fokus dengan bahan dasar ketela pohon dan ubi ungu.

Pelatihan yang dilakukan di rumah Kepala Dusun, Dusun Losari. Diikuti oleh anggota PKK Dusun Losari, Desa Sanggrahan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Tujuan dari adanya kegiatan ini agar masyarakat mengetahui tentang pentingnya pengolahan produk dengan memanfaatkan hasil pertanian.

Sehingga kegiatan tersebut dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual yang dapat meningkatkan kesejahteraan Dusun Losari.

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang mengajarkan tentang kewirausahaan. Dihadiri 23 anggota PKK yang merupakan perwakilan dari 3 RT.

Progam seperti ini bertujuan memberdayakan masyarakat dusun untuk pembentukan usaha kecil menengah dan dapat dijadikan sebagai produk baru dari Dusun Losari.

Ketela pohon merupakan salah satu hasil potensi dari masyarakat Dusun Losari dan biasanya dijual langsung ke pasar, dikonsumsi pribadi atau bahkan hanya didiamkan sampai ketela membusuk.

Dengan adanya hal seperti itu mahasiswa PPMT UNIMMA memberikan sosialisasi sebagai inovasi baru mengenai pengolahan ketela pohon. Antara lain dengan cara diolah menjadi combro, ketela isi coklat, lumpia isi ubi ungu dan donat ubi ungu.

Tak hanya itu saja tetapi mahasiswa juga mengajarkan bagaimana cara pemasaran produk dan pembukuan.

Kelompok PPMT ini terdiri dari Dosen Pembimbing Eni Zuhriyah, dengan lima mahasiswa sebagai anggotanya. Mereka adalah Erika Marta Sari, Aldino Eka Lananggalih, Eva Damayanti; Luthfi Rochmaniyah, Rininta Eka Kusumawati.

Pelatihan ini dilakukan mahasiswa dan diikuti anggota PKK. Pelatihan ini dimulai dari cara pembuatan, bahan-bahan yang digunakan, dan pembuatan produk yang dipraktekan langsung oleh anggota PKK.

 Peserta sangat antusias dan penasaran dengan proses pembuatan. Sehingga pembuatan olahan pangan tesebut berjalan dengan lancer dan terasa mudah. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: