Operasi Ketupat 2020 Diperpanjang Hingga Juni

BNews–NASIONAL– Operasi Ketupat 2020 diperpanjang hingga tanggal 7 Juni kedepan. Padahal seharusnya akan selesai pada H+ 7 Lebaran Idul Fitri.

Operasi Ketupat 2020 sudah digelar jajaran Kepolisian Indonesia sejak tanggal 24 April 2020 lalu. Dan akan berakhir 30 Mei 2020, namun diperpanjang kembali.

“Sebenarnya Operasi Ketupat ini akan berakhir sampai tanggal 30 (Mei) tapi saya sudah memerintahkan kepada As Ops Kapolri dan Pak Kakorlantas untuk melanjutkan selama tujuh hari. Hal itu sampai tanggal 7 (Juni),” ujar I Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis kemarin (26/5/2020).

Keputusan itu, lanjutnya merupakan hasil koordinasi antara Polri dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Selain itu, kata Idham, pihaknya juga mempertimbangkan kondisi di lapangan. Salah satunya terhadap potensi arus balik Lebaran.

“Kita melihat situasi kondisi di lapangan, dan saya berpikir kalau memang situasi kondisi di lapangan masih terjadi penumpukan. Ada arus balik yang kelihatannya besar ya enggak apa-apa operasi ini kita lanjutkan, kita tingkatkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Idham melakukan telekonferensi dengan para Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) di seluruh polda. Ia mengecek persiapan jajarannya dalam operasi tersebut. Menurut Idham, persiapan anggotanya untuk menangani arus balik sudah cukup baik.

 “Dan saya sudah menyampaikan kepada mereka untuk betul-betul memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat di dalam pengamanan arus balik itu. Harapannya sehingga semuanya berjalan lancar,” harapnya.

Idham sekaligus berpesan kepada seluruh masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19. “Masyarakat harus patuh, misal menggunakan masker ketika berpergian, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menerapkan pola hidup yang sehat,” pungkasnya. (*/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: