Operasional Mata Air Ndas Gending Mertoyudan Magelang Didukung Mesin Pompa

BNews—MAGELANG— Tiga mesin pompa air memperkuat daya pancar aliran mata air di Ndas Gending, Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang untuk melayani pelanggan. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubag Produksi dan Pengolahan pada Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, Heru Supriyanto.

Dimana ketiga pompa tersebut merupakan sistem yang terpisah atau sendiri-sendiri, untuk mencukupi kebutuhan air di desa sekitar Desa Sukorejo, Desa Kalinegoro, Desa Jogonegoro, Desa Bondowoso dan Desa Donorojo Kecamatan Mertoyudan.

“Karena letak Mata air Ndas Gending dibawah wilayah pelayanan, maka otomatis menggunakan bantuan mesin pompa, agar air bisa dinaikan. Sebelumnya hanya menggunakan sistem gravitasi dari sumber lain. Yang mana hal tersebut menyebabkan pengembangan pelayanan diwilayah Kalinegoro dan sekitarnya tidak optimal,” ucap Heru beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan,  berdasarkan pengukuran debit sumber mata air Ndas Gending sebesar 727 liter/detik. Dari besaran debit sumber tersebut  Perumda Air Minum Tirta Gemilang memanfaatkan 47 liter/detik untuk melayani pelanggan.

Untuk sistem pompa terbagi dalam tiga sistem, yaitu sistem pertama mengaliri wilayah Kalonegoro, Jogonegoro dengan jaringan melintas di Dusun Ganjuran.

Sistem kedua jaringan pipa melintas didusun Mrisen dan Dowasan untuk mengailiri wilayah Donorojo dan wilayah pelayanan Sub Unit Banjarnegoro, Untuk sistem ketiga mengairi ke arah Perumnas Kalinegoro.

“Pemanfaatan mata air Ndas Gending saat ini bisa lebih maksimal dengan menggunakan pompa air tersebut,” terang Heru.

Selain di Ndas Gending, mata air yang dimanfaatkan Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang dengan menggunakan sistem pompa yakni Mata Air Kanoman, Mata Air Tuk Biru, Mata Air Sempol dan Sumur Dalam Gento.

“Karena lokasi mata air yang berada dibawah sehingga memerlukan bantuan pompa air. Ada beberapa mata air yang tersebar di Kabupaten Magelang dengan sistem tersebut,” tutur Heru. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: