Optimalisasi Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Mewujudkan Perkembangan Anak Usia Dini Di BA Aisyiyah Meduro Mungkid

BNews–MAGELANG– Universitas Muhammadiyah Magelang menerapkan kegiatan berupa Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) periode V.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim yang beranggotakan 5 mahasiswa semester VI dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; diantaranya Yudha Pratama Putra Prodi Bimbingan & Konseling, Maulidyna Azis Prodi Bimbingan & Konseling; Ageng Wahyu Widiantoro Prodi Bimbingan & Konseling, Farah Zhaviroh Nuradi Prodi PGSD; dan Elisa Kurniawati Prodi PGSD.

Kegiatan PPMT ini didampingi oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Prof. Dr. Purwati, MS., Kons. Kegiatan PPMT dilakukan di BA Aisyiyah Meduro Mungkid.

Penerjunan tim PPMT dilakukan pada tanggal 8 Juli 2022 dan diterima secara langsung oleh kepala sekolah Zulaikha, S. Pd. I beserta para guru di BA Aisyiyah Meduro. Kegiatan PPMT ini berlangsung selama 1 bulan.

Selama kegiatan PPMT berlangsung tim dalam melakukan kegiatan didampingi oleh kepala sekolah ibu Zulaikha, S. Pd. I, ibu Risa Isnani Absari, S. Pd dan ibu Siti Azizah Rahmawati, S. Pd selaku guru di BA Aisyiyah Meduro.

Tim PPMT melakukan kegiatan di BA Aisyiyah Meduro dengan tujuan membantu dalam pengoptimalisasian manajemen pengelolaan kelas; agar dapat mewujudkan perkembangan anak usia dini di BA Aisyiyah Meduro.

Dalam kegiatan PPMT tim melakukan wawancara terkait permasalahan yang dihadapi oleh sekolah tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Zulaikha, S. Pd. I selaku Kepala sekolah menyatakan bahwa kesulitan dalam melakukan pengelolaan kelas karena terbatasnya ruangan yang ada.

“Serta kesulitan dalam melakukan pengadministrasian disekolah. Pengadministrasian sulit dilakukan karena kurangnya pengetahuan guru terhadap penggunaan teknologi dimasa kini; serta karena kurangnya komputer disekolah hanya ada 1 tetapi terkadang mengalami kendala,” katanya.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka dapat menjadi tugas mahasiswa untuk membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh sekolah.

Upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan:

  • Menata ulang ruang kelas serta ruangan lain yang ada disekolah dan membersihkan serta memberi hiasan disetiap rung kelas, sehingga para siswa merasa nyaman dalam melakukan proses pembelajaran.
  • Terkait pengadministrasian mahasiswa membantu dengan ikut mengisi data disistem yang sudah ditentukan dengan menggunakan komputer milik pribadi yang dimiliki oleh para mahasiswa.
  • Selain itu di BA Aisyiyah Meduro juga dilakukan kegiatan parenting hal tersbeut bertujuan supaya dapat para orang tua mampu mendidik anaknya dengan baik dan dapat mewujudkan perkembangan anak usia dini yang nantinya mampu berkompeten dengan baik dimasa yang akan datang.

Harapannya dengan adanya kegiatan PPMT periode V yang dilakukan oleh mahasiswa dapat mewujudkan manajemen pengelolaan kelas yang optima. Serta dapat membuat BA Aisyiyah Meduro semakin maju dan lebih baik kedepannya.

Selain itu dengan adanya upaya yang telah dilakukan dalam kegiatan PPMT maka dapat mewujudkan anak usia dini di BA Aisyiyah Meduro dapat berkembang dengan baik. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: