Pasar Kayu Muntilan Terbakar, Belasan Pedagang Merugi Ratusan Juta


               BNews—MAGELANG— Pasar Kayu Muntilan di pinggir Jalan Magelang-Jogjakarta terbakar sekitar pukul 18.00 petang tadi. Selang dua jam api bisa dipadamkan dengan bantuan tiga mobil pemadam kebakaran.
               Kepala Disdagsar Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis mengatakan kebakaran diduga terjadi akibat kelalaian para pedagang. Setiap hendak pulang, mereka biasa membakar limbah kayu supaya tidak mengotori area tempar mereka bekerja.
               ”Biasanya mereka membakar limbah kayu itu. Tapi itu masih dugaan dan kita serahkan penyelidikannya ke Polres Magelang,” katanya.
               Asfuri mengatakan kebakaran tersebut hanya menghanguskan 7 perssen dari total 1,5 hektar luas pasar. ”Itu memang pasar milik Pemkab Magelang dan pasar kayu jadi bagian pasar Mekar Muntilan,” katanya.
               Menurut Asfuri, kebakaran terjadi di tiga blok dari 46 blok yang ada di pasar tersebut. Luas lahan yang terbakar sekitar 600 meter persegi.l  Jumlah pedagang yang menjadi korban kebakaran berjumlah sekitar 15 orang. ”Tapi masih kita data terus. Nanti kita update,” tambah Asfuri.
               Selain pedagang kayu, di pasar tersebut juga ada pedagang mebel, unggas, dan pemotong hewan. ”Pasar Kayu itu milik Pemkab Magelang dan menjadi bagian dari Pasar Mekar atau pasar burung,” tambah dia.
               Pihaknya belum bisa menghitung secara pasti jumlah kerugian, yang ditimbulkan akibat kebakaran tersebut. ”Ya mungkin dikisaran angka ratusan juta,” terang Asfuri.
               Asfuri menduga kebakaran terjadi akibat proses pembakaran limbah kayu yang biasa dilakukan oleh perajin kayu. ”Setiap mau pulang itu kan biasanya mereka membakar limbah-limbah potongan kayu itu supaya tidak mengotori tempat kerja,” beber dia. (ie)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: