Paska Lebaran, Dinkes Kabupaten Magelang Kebut Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia

BNews–MAGELANG– Pemkab Magelang melalui Dinas Kesehatan terus mengebut proses vaksinasi covid-19 tahad kedua bagi lansia di wilayahnya paska lebaran tahun ini. Hal ini karena stok vaksin masih cukup dan target sasaran (lansia) masih banyak yang belum mendapatkan vaksinasi.

Menurut Kepala seksi Surveilan dan Imunisasi pada Dinkes Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo di kantornya, Minggu (23/05/2021), pihaknya saat ini sedang fokus melakukan vaksinasi kelompok lansia dosis dua. Selain itu juga untuk pelayan publik 50 tahun ke atas.

“Secara keseluruhan pada vaksinasi tahap satu telah mencapai 41.792 dosis. Kemudian dosis dua jumlahnya mencapai 30.989 orang. Dari data tersebut terbagi untuk tenaga kesehatan yakni dosis satu sebanyak 4.934 dan untuk tahap kedua berjumlah 2.739 dosis,” katanya.

Sedangkan vaksinasi bagi pelayan publik tahap satu, mencapai 21.218 orang. Untuk dosis kedua bagi pelayan publik sudah mencapai 17.566 orang.

“Jumlah vaksinasi untuk lansia tahap satu mencapai 17.640 orang, dan dosis dua sudah terlayani 10.684 orang,” jelasnya.

Dalam upaya mencapai target Dinkes Kabupaten Magelang, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi saat bulan Ramadan. Serta menggerakan semua Puskesmas untuk melanjutkan vaksinasi lansia yang sempat tertunda karena suasana lebaran hari raya Idul Fitri.

“Kita sudah mulai 21 Mei ini meminta segenap Unit Pelaksana Teknis (UPT) daerah untuk melaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi lansia yang belum mendapatkan,” jelasnya.

Ditambahkan Dwi, distribusi vaksin dilakukan berdasar data laju kecepatan Puskesmas dalam melaksanakan vaksinasi. Sehingga yang lajunya tinggi akan mendapatkan porsi stok vaksin yang lebih banyak dibanding Puskesmas yang lajunya rendah.

“Terakhir kita mendapatkan 17.700 dosis yang sudah kita distribusikan untuk semua Puskesmas,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: