PD Muhammadiyan Magelang Terima Bantuan 10 Ribu Bibit Sengon Dari Anggono Group

BNews–MAGELANG-– Sebanyak 10 ribu bibit sengon bantuan dari Anggono Group  diterima oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang . Bantuan tersebut merupakan hibah yang disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Distan Pangan) Kabupaten Magelang.

Bibit sengon tersebut akan dimanfaatkan untuk penghijauan dan pengoptimalan tanah wakaf milik Muhammadiyah Magelang.  

Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PDM Kabupaten Magelang Yusron Masduki senang pengajuan bantuan bibit sengon diterima. Selanjutnya,  bibit-bibit tersebut akan didistribusikan ke seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Magelang. Selain itu diberikan ke ranting Muhammadiyah, panti asuhan, dan pondok pesantren Muhammadiyah.

“Bagi amal usaha Muhammadiyah (AUM) yang berminat, dapat mengajukan surat permohonan,” tutur Yusron, usai menerima hibah bibit sengon, di halaman SMK Muhammadiyah 2 Salam, akhir pekan lalu.

Sekretaris Distan Pangan Kabupaten Magelang Zanuar Efendi berharap bibit sengon tersebut dirawat dengan baik, agar hidup subur.

Menurutnya, pohon sengon memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis pohon keras lainnya. Bisa dikatakan sebagai pohon yang serbaguna. Mulai dari akar, kayu, sampai daunnya dapat dimanfaatkan.

Kayu sengon bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan furniture. Sedangkan daun sengon diketahui mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan hewan ternak.

“Daunya bisa untuk pakan ternak,” ungkap Zanuar—sapaan akrabnya.

Dia membagikan tips agar pohon segon tumbuh lurus. Kuncinya pada perapihan ranting-ranting pohon. Karena itu, pemilik pohon bisa berkerjasama dengan peternak untuk pemanfaatan daunnya. Selain itu, pertumbuhan pohon ini sangat cepat, meskipun minim perawatan.

“Bisa dipanen ketika umur 6-7 tahun,” imbuhnya.

Dengan penanganan yang tepat, ia optimistis bantuan bibit sengon ini dapat mengasilkan nilai ekonomis yang tinggi dikemudian hari (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: