PDI P Pastikan Pembagian Alat Kelengkapan DPRD Magelang Proporsional

BNews—MUNGKID— Partai pemenang pemilu 2019 di Kabupaten Magelang, PDI Perjuangan memastikan pembentukan dan distribusi angota DPRD di alat kelengkapan dewan dilaksanakan proporsional. Prinsip keadilan menjadi dasar pembagian tersebut.

Sebagaimana diketahui DPRD Kabupaten Magelang telah menyelesaikan penyusunan tata tertib DPRD pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Magelang, akhir pekan lalu. Dalam rapat paripurna tersebut seluruh partai di DPRD telah mengajukan perwakilan di alat kelengkapan DPRD.

“Sebagai pemenang di Pemilu saya memastikan proses distribusi pimpinan alat kelengkapan di DPRD Kabupaten Magelang dilaksanakan secara proporsional dan mengedepankan asas keadilan,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan Grengseng Pamudji, pagi ini (16/8).

Sebagai partai pemenang, PDI Perjuangan, kata dia tidak akan melakukan monopoli di semua alat kelengkapan. Baik di Komisi, maupun Badan Anggaran, Badan Kehormatan maupun Bapemperda.

Untuk diketahui, ketentuan mengenai anggota alat kelengkapan DPRD diantaranya pimpinan DPRD diberikan kepada kursi terbanyak yaitu PDIP (Ketua); PKB (Wakil Ketua); Partai Gerindra (Wakil Ketua); Partai Golkar (Wakil Ketua).

Badan Musyawarah PDI Perjuangan mengusulkan 7 (tujuh) orang, Fraksi PKB mengusulkan 4 (empat) orang, Fraksi Partai Gerindra mengusulkan 4 (empat) orang. Kemudian, Fraksi Golkar mengusulkan 3 (tiga) orang Fraksi PKS mengusulkan 3 (tiga) orang, Fraksi Persatuan Pembangunan mengusulkan 2 (dua) orang dan Fraksi Amanat Demokrat mengusulkan 2 (dua) orang.

Untuk keanggotaan di empat Komisi di DPRD Kabupaten Magelang juga telah disusun dengan asas pertimbangan dan pemerataan anggota. Dimana, Komisi I beranggotakan 11 (sebelas) orang. Komisi II beranggotakan 12 (dua belas) orang. Komisi III beranggotakan 12 (dua belas) orang. Komisi IV beranggotakan 11 (sebelas) orang.

Dalam tiap komisi, Fraksi PDIP mengusulkan 3 (tiga) orang di Komisi I, 3 (tiga) orang di Komisi II, 3 (tiga) orang di Komisi III, 3 (tiga) orang di Komisi IV. Kemudian, Fraksi PKB mengusulkan 1 (satu) orang di Komisi I; 2 (dua) orang di Komisi II, 2 (dua) orang di Komisi III, 2 (dua) orang di Komisi IV.

Fraksi Partai Gerindra mengusulkan 2 (dua) orang di Komisi I, 2 (dua) orang di Komisi II; 1 (satu) orang di Komisi III, 1 (satu) orang di Komisi IV. Fraksi Golkar mengusulkan 1 (satu) orang di Komisi I, 2 (dua) orang di Komisi II, 1 (satu) orang di Komisi III, 1 (satu) orang di Komisi IV.

Kemudian, Fraksi PKS mengusulkan 2 (dua) orang di Komisi I, 1 (satu) orang di Komisi II, 2 (dua) orang di Komisi III, 1 (satu) orang di Komisi IV. Fraksi Persatuan Pembangunan mengusulkan 1 (satu) orang di Komisi I, 1 (satu) orang di Komisi II, 2 (dua) orang di Komisi III, 2 (dua) orang di Komisi IV. Fraksi Amanat Demokrat mengusulkan 1 (satu) orang di Komisi I, 1 (satu) orang di Komisi II, 1 (satu) orang di Komisi III, 1 (satu) orang di Komisi IV.

RAPAT : Fraksi PDI Perjuangan menggelar rapat kondosilidasi pembentukan AKD. (Foto : Istimewa)

Bapemperda
Anggota Bapemperda berjumlah 12 (dua belas) orang, dengan ketentuan F PDI P 4 orang, PKB, 3 orang, Fraksi Golkar, FPKS, FPP, FAD masing-masing mengusulkan 1 orang.

Badan Anggaran
Anggota Badan Anggaran adalah 25 (dua puluh lima) orang, dengan ketentuan PDI Perjuangan tujuh orang PKB mengusulkan 5 orang, Partai Gerindra mengusulkan 4 orang. Fraksi Golkar mengusulkan 3. Fraksi PKS mengusulkan 3, Fraksi Persatuan Pembangunan mengusulkan 2 dan Fraksi Amanat Demokrat mengusulkan 1 orang.

Badan Kehormatan Anggota Badan Kehormatan berjumlah 5 (lima) orang berdasarkan usul dari masing-masing Fraksi. Dimana, diwakili oleh semua fraksi minus Fraksi PKS dan FAD. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: