Pemda Kalah oleh Tekanan, Pasar Malam Jalan Terus

BNews–MUNTILAN– Sikap inkonsistensi Pemkab Magelang kembali terjadi. Rencana untuk mengosongkan kegiatan Pasar Malam di eks lahan Pasar Muntilan urung dilakukan setelah sejumlah massa menggelar aksi, siang tadi.
Pantuan borobudurnews.com, ratusan massa yang mengatasnamakan Front Aliansi Pemuda Muntilan menggelar aksi unjuk rasa di dekat eks Pasar Muntilan. Mereka berorasi menolak ditutupnya pasar Malam yang sudah disiapkan.
Disaat yang sama, 250 personel gabungan TNI Polri dan Satpol PP bersiap melakukan pengosongan eks Pasar Muntilan dari kegiatan Pasar Malam. Sempat terjadi adu mulut antar kedua belah pihak.
Aksi kembali memanas, ketika material dan seng didatangkan oleh Satpol PP.  Demonstran mengusir truk tersebut karena dianggap belum ada kesepakatan atau negosiasi oleh kedua belah pihak.
Dalam aksi itu, para pemuda menolak surat dari plt Sekda Kabupaten Magelang yang tidak mengijinkan beroperasinya pasar malam. Aksi juga menuntut dan mempertanyakan soal pembangunan pasar muntilan. “Pembangunan pasar muntilan lamban dan belum ada kejelasan sampai sekarang,” kata Rizca Irawan, koordinator aksi.
Karena belum ada kejelasan itu, pihaknya kemudian berencana membuat acara Pasar Malam. Tujuannya untuk menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar dan pedagang pasar Muntilan.
“Kita juga meminta supaya Pemkab tidak melakukan adu domba antara warga dan pedagang,” katanya.
Dalam aksi yang dijaga 250an anggota keamanan itu, kemudian berlanjut negosiasi antara perwakilan demonstran dan Pemkab Magelang. Dalam hal ini, Pemkab diwakili Kepala Satpol PP Imam Basori, Plt Kepala DPU TR, Herianto dan Camat Muntilan.
Dalam audensi yang sempat alot itu akhirnya Pemkab Magelang mengalah. Mereka tidak berani melawan tekanan. Sehingga, pasar malam tidak jadi dikosongkan. “Pasar malam tetap berlanjut sambil mengurus ijin secepatnya,tanpa menambah luas Pasar malam,” kata Imam Basori
Kemudian, Pemda akan memasang patok dan pagar seng keliling. “Sewaktu waktu pembangunan mulai berkembang maka apasar malam dengan sadar akan bubar sendiri,” kata dia. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: