Pemkot Magelang Kukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat Tahun 2021-2024

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota Magelang mengukuhkan Pengurus Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) periode 2021-2024. Acara dilaksanakan di Ruang Pangripta Bappeda Kota Magelang, Kamis (11/11/2021).

Pengukuhan ini menjadi tanda bahwa keberadaan KIM Kota Magelang di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan. Sebagai penyambung lidah antara pemerintah dengan masyarakat.

Kepada Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Diskominsta Kota Magelang, Prianta Adi Wibawa menjelaskan, keberadaan KIM tidak hanya dapat digunakan oleh Pemkot Magelang untuk menyebarkan berbagai informasi terkait kebijakan. Akan tetapi KIM juga menjadi sarana tukar menukar informasi atar sesama anggota KIM dan masyarakat.

“Keberadan KIM sebagai garda depan diseminasi informasi mampu mengatasi berbagai tantangan dan persoalan yang dihadapi masyarakat dimasing masing wilayahnya,” jelasnya, disela-sela kegiatan.

Sebagai informasi, pengukuhan kepengurusan Forum KIM telah ditetapkan melalui Keputusan Walikota Magelang Nomor: 487/256/112 Tahun 2021. Tentang Penetapan Pengurus Forum Kelompok Informasi Masyarakat Kota Magelang Periode 2021-2024.

Lebih lanjut, keberadaan KIM dimaksudkan untuk meningkatkan pegetahuan, kompetensi, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan.

“Kami berharap kedepan keberadaan KIM ini dapat menjadi simbiosis mutualisme antara KIM dengan OPD,” imbuhnya.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, M. Mansyur menuturkan KIM sebagai mitra kerja pemerintah menjadi garda terdepan penyebarluasan informasi dalam rangka mendukung terwujudnya e-government. Terutama dalam hal menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan lebih cepat dan tepat.

Di era yang serba digitalisasi ini, KIM diharapkan mampu memberikan nilai tambah, yaitu sebagai agen pengenalan potensi wilayah masing masing, memberikan nilai ekonomi/pendapatan bagi organisasi, anggota dan masyarakat.

“KIM sebagai ajang peningkatan kompetensi dan memberikan ilmu pengetahuan baru untuk anggota, serta sebagai wadah kreatifitas, menampung ide dan inovasi baru,” ujar Mansyur, saat menyampaikan sambutan.

Mansyur berpesan kepada pengurus maupun anggota KIM Kota Magelang untuk senantiasa memperkuat soliditas dan solidaritas internal. Serta membangun motivasi dalam melaksanakan tugas pengabdian, terus berinovasi dan berkarya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Setiap hari harus bersikap ACDC, yaitu Ajak, Contoh, Dorong, Cegah. Tiada keberhasilan tanpa kekompakan, tiada kekompakan tanpa kekuatan, tiada kekuatan tanpa kebersamaan, tiada kebersamaan tanpa persatuan dan kesatuan. Tiada kesatuan tanpa solidaritas,” tuturnya.

Ia meminta, momen berharga ini menjadi momentum penguatan terhadap komitmen untuk menyukseskan keterbukaan informasi publik sebagai salah satu ciri negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: