Pemkot Magelang Prioritaskan Pembangunan Sanitasi dan Air Minum Warga

BNews–MAGELANG—Pemerintah Kota Magelang memiliki program untuk tersedianya sanitasi dan aakses air bersih bagi seluruh warganya. Program itu sudah dicanangkan dan dituangkan dalam program kerja.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina di sela-sela kegiatan Tembang Tidar Bersama Moncer Serius (Temu Rembug Warga Magelang Tindakan Sadar Bersanitasi Air Minum Modern Cerdas Sejahtera Religius) di Lapangan Bogeman Rt 04/ Rw 08 Kelurahan Panjang Kota Magelang, pagi tadi (11/03/2020).

Acara tersebut berguna untuk menggugah kesadaran warga akan situasi dan kondisi terkait air minum dan sanitasi di Kota Magelang.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina menuturkan bahwa air minum dan sanitasi merupakan layanan dasar yang harus dijamin pemenuhannya. Dengan itu Pemerintah memiliki target 100% akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat.

“Sesuai dengan RPJMN tahun 2020-2024 diharapkan pada tahun 2030, seluruh masyarakat baik di Kota dan Pedesaan memiliki akses air bersih dan sanitasi yang aman dan layak,” ungkapnya.

Bagi Pemerintah Kota Magelang, cakupan air minum pada tahun 2019 belum bisa 100% melainkan 94, 64%. Sedangkan untuk sanitasi masih berkisar 97% dan belum bisa dipastikan berapa persennya yang merupakan sanitasi layak dan aman.

“Itu semua merupakan tantangan bagi kami untuk mencapai tujuan Pembangunan berkelanjutan,” papar Windarti.

Loading...

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Magelang terus berusaha memperbaikinya. Salah satunya bekerjasama dengan berbagai pihak, antara lain USAID IUWASH Plus dan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

“Diharapkan kemitraan tersebut dapat meningkatkan motivasi untuk membangun air minum, sanitasi yang layak dan aman serta meningkatkan perilaku higiene,” pungkasnya. (cr1/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: