Pemkot Magelang Siap Sukseskan Integrasi Layanan Kesehatan Primer

BNews–MAGELANG– Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang melaksanakan Kick Off  Integrasi Layanan Primer (ILP) di Hotel Atria Magelang, Rabu (12/6/2024).

ILP merupakan salah satu pilar transformasi kesehatan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau masyarakat.

Penerapan pelayanan ini diselenggarakan secara terintegrasi di Puskesmas, puskesmas pembantu, jejaring dan jaringan pelayanan kesehatan primer dan posyandu untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di setiap fase kehidupan.

Kepala Dinkes Kota Magelang dr. Istikomah menjelaskan transformasi layanan primer difokuskan untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif. Seperti memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, dan meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan primer melalui pemenuhan infrastruktur, sarana, prasarana, SDM serta memperkuat manajemen di seluruh layanan primer.

“Melalui integrasi layanan primer, peran Puskesmas sebagai penanggung jawab wilayah dalam kesehatan di wilayah kerjanya akan semakin diperkuat dengan aktifnya Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) di tingkat desa/kelurahan oleh petugas kesehatan bersama kader,” papar Istikomah.

Kick off kali ini menjadi momentum untuk membangun komitmen dan dukungan lintas sektor dan stakeholder terkait untuk bersama-sama menyukseskan implementasi Integrasi Layanan Primer, memastikan seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai siklus hidup dan mewujudkan pelayanan kesehatan inklusif di Kota Magelang.

Selain peluncuran ILP, kegiatan ini juga diisi dengan workshop yang diikuti oleh tenaga kesehatan (nakes), kader kesehatan, penyehat tradisional, pimpinan klinik, kepala Puskesmas, direktur rumah sakit, lurah dan camat se-Kota Magelang serta OPD terkait.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur mengapresiasi kegiatan ini sebagai terobosan agar layanan kesehatan di Kota Magelang semakin terintegrasi dan menjadikan masyarakat maju, sehat dan bahagia.

“Oleh karena ini kami mendukung sepenuhnya, semoga ini selalu mendapat hidayah. Pelayanan kesehatan Kota Magelang semakin baik dan mempermudah masyarakat,” ujarnya.

Disampaikan Mansyur, Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer fokus pada pelayanan yang terintegrasi, komprehensif, responsif dan terjangkau untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan yang diperlukan masyarakat.

“Sistem ini tidak bisa hanya dijalankan oleh Puskesmas dan jejaringnya, melainkan peran aktif masyarakat dan Pemkot Magelang. Kami juga ajak semua nakes, kader kesehatan, untuk ‘nyengkuyung’ mendukung program ini,” katanya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!