Pencuri dan Peracun Anjing Jadi Tersangka, Sang Jagal di Magelang Juga Diperiksa

BNews–MAGELANG- Seorang pria berinisial TA, 57, telah ditetapkan sebagai dugaan kasus pencurian anjing berjenis Belgian Malinois di wilayah Kota Magelang.

Selain itu, jagal anjing di Kota Magelang berinisial YYS, 67, juga diperiksa Satreskrim Polres Magelang Kota. YYS adalah pembeli anjing curian tersebut.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan, pemeriksaan YYS untuk mengetahui proses jual belinya bagaimana. “Jagal diperiksa, ini kan masih dalam proses penyidikan,” katanya.

Pihaknya masih belum bisa menetapkan YYS sebagai tersangka. Karena bukti-buktinya masih belum lengkap.

“Apalagi sebelum sampai di tempat tukang janggal tersebut, anjingnya sudah dalam kondisi mati belum diapa-apain . Jadi, harus dilihat lagi, kalau kita mau ke pidana harus lihat alat buktinya cukup nggak? Sementara yang cukup alat bukti yang pencuriannya saja,” terangnya.

Kasat Reskrim Polres Magelang Kota AKP Dwiyatno mengaku sudah memanggil dan memeriksa jagal tersebut. Jagal itu mengakui membeli anjing berjenis Belgian Malinois itu seharga Rp 25 ribu per kilogram.

“Yang bersangkutan (YYS) sudah dipanggil dan dimintai keterangannya. Dia mengakui bahwa sudah membeli anjing itu dengan harga per kilo Rp 25 ribu,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia menyampaikan, dalam kasus ini yang bersangkutan bisa dikenakan pasal 480 KUHP tentang penadahan. Namun dengan catatan yang bersangkutan harus mengetahui bahwa itu merupakan hasil kejahatan.

“Dan saat kita konfirmasi ke yang bersangkutan, dia tidak mengetahui jika anjing yang dibeli tersebut merupakan hasil kejahatan. Untuk itu, nantinya diminta akan meminta keterangan ahli terkait harga di pasaran,” urainya.

Dwiyatno menjelaskan, salah satu persyaratan pasal 480 KUHP dibeli di bawah harga pasar. Jadi, jika harga daging anjing ini memiliki harga pasar misalnya Rp 50 ribu per kilo, dan yang membeli hanya Rp 30 ribu, berarti bisa masuk sebagai penadah.

“Untuk sementara, yang bersangkutan masih menjadi saksi saja. Tapi masih akan terus kita dalami,” pungkasnya. (*)

KLIK VIDEO VIRALNYA DISINI

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!