Pendakian Gunung Lawu Kembali Dibuka Via Cemoro Sewu

BNews–JATENG– Setelah sekian lama ditutup, Jalur wisata pendakian Gunung Lawu dari pintu pos pemberangkatan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kembali dibuka. Lokasi tersebut dibuka mulai Kamis kemarin (25/6).

Penutupan jalur wisata tersebut sebelumnya demi mencegah penyebaran virus corona. Dan setelah kembali dibuka, petugas Perum Perhutani KPH Lawu Ds menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Peraturan yang baru salah satunya membatasi jumlah turis dan pendaki hingga 500 orang per hari,” ungkap petugas jaga Pos Cemorosewu dari KPH Lawu Ds, Paijo di Magetan, Senin (29/6), seperti yang dikutip dari Antara.

Setiap pengunjung, baik turis maupun pendaki, juga wajib melewati pemeriksaan petugas di pintu masuk. Mereka dicek mulai dari pengecekan suhu tubuh, kewajiban mencuci tangan, sampai penggunaan masker.

Pengunjung juga wajib menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Aturan protokol kesehatan tersebut hendaknya dipatuhi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami berharap para pengunjung, baik yang hanya ingin berswafoto ataupun mendaki, dapat mematuhi aturan atau protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” imbuhnya.

Mengutip GunungId, pendakian di Gunung Lawu masuk dalam tingkat kesulitan yang sedang. Ada tiga puncak di gunung setinggi 3.265 mdpl ini, yakni Puncak Hargo Dumilang, Puncak Hargo Dalem, dan Puncak Hargo Dumiling.

Loading...

Dari ketiga puncak tersebut, Puncak Hargo Dumilang merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu. Sementara itu, ada dua jalur pendakian di punggung Gunung Lawu, yakni Cemoro Sewu di kawasan Sarangan Magetan dan Cemoro Kandang di kawasan Tawangmangu.

Selama ini Cemoro Sewu dianggap sebagai jalur pendakian yang medannya cocok bagi pendaki pemula. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Lawu, nantinya pendaki melawati lima pos.

Selain puncaknya, Gunung Lawu juga memiliki sejumlah objek wisata lain, beberapa diantaranya ialah danau Telaga Sarangan dan perbukitan Tawangmangu. (*/Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: