Penggembungan Merapi Mirip Menjelang Erupsi 2006, Beberapa Bungker Siap Difungsikan

BNews—MUNGKID— Gunung Merapi hingga saat ini, Minggu (12/6), masih berstatus waspada. Kondisi tersebut berlangsung sejak Mei 2018.

BPPTKG Jogjakarta juga menemukan adanya penggembungan usai erupsi Gunung Merapi pada 22 Juni 2020. Pembengkakan merupakan salah satu tanda bahwa gunung api akan meletus atau erupsi.

”Deformasi merupakan salah satu tanda aktivitas magma menuju permukaan. Setelah deformasi dapat erupsi (letusan) maupun tumbuh kubah lava,” tutur Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Sabtu (11/7).

Pada periode 22 Juni hingga 9 Juli 2020, Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan di Kecamatan Dukun mencatat penggembungan sebanyak tujuh sentimeter dengan laju lima sentimeter perhari. Pos Kaliurang tak mencatat adanya penggembungan.

”Perilaku deformasi yang saat ini lebih mengikuti perilaku deformasi menjelang erupsi 2006. Sehingga perilaku erupsi nantinya diperkirakan akan mengikuti perilaku erupsi 2006,” ujar Hanik.

Lalu, ada berapa bungker atau lubang perlindungan di bawah tanah dari terjangan erupsi bencana Merapi. Borobudur News mencatat ada empat bungker yang terkenal:

Bungker Babadan

Di barat laut Gunung Merapi ada bungker Babadan. Ruang bawah tanah ini berada di lahan Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Bungker ini mampu menampung sepuluh orang dan masih bisa difungsikan dengan baik.

Bungker Kaliadem

Bungker Kaliadem ini terletak di kawasan lereng selatarn Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. Dan saat ini menjadi salah satu tempat objek wisata.

Kawasan Kaliadem sejak erupsi 2006 dan erupsi 2010 tertimbun material Merapi. Bungker ini sudah tidak digunakan lagi. Namun wisatawan sampai saat ini masih bisa melihatnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Bungker Turgo

Bungker Turgo terletak di Desa Pakem Sleman. Bungker ini berada di bawah bukit Turgo sebelah barat kawasan wisata Kaliurang.

Bungker ini juga masih ada dan dirawat warga sekitar. Kawasan Turgo ini juga pernah terkena awan panas atau wedhus gembel Merapi saat erupsi tahun 1996 yang memakan banyak korban warga sekitar Turgo.

Bungker Tanggul Arum

Bungker Tanggul Arum berada di Dusun Tunggularum Desa Wonokerto Turi. Bungker ini sampai sekarang masih ada dan dirawat oleh warga sekitar. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: