Pergunu Muntilan Gelar Workshop Optimalisasi WhatsApp Untuk PPDB

BNews—MUNTILAN—Sebanyak 54 guru dari berbagai jenjang pendidikan di wilayah Muntilan dan sekitarnya mengikuti workshop. Yakni tentang layanan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan online WhatsApp.

Diketahui bahwa workshop itu digelar oleh Persatuan Guru Nahdlatul Ulama’ (Pergunu) Muntilan, Kabupaten Magelang. Dengan tajuk ”Workshop Optimalisasi WhatsApp Untuk Layanan PPDB Online”, acara di  MTs Ma’arif 2 Muntilan, belum lama ini.

”Acara ini digelar untuk membantu lembaga-lembaga pendidikan di wilayah Muntilan dalam hal pemanfaatan media sosial WhatsApp. Serta memudahkan bagi sekolah – sekolah dalam melaksanakan PPDB online,” kata Ketua PAC Pergunu Kecamatan Muntilan, Heri Wibowo.

Dia menjelaskan, PPDB merupakan salah satu program yang pasti dilaksanakan oleh lembaga pendidikan di semua jenjang. Kesuksesan pelaksanaan PPDB diukur dari banyaknya peserta yang mendaftar di lembaga pendidikan tersebut.

”Namun karena saat ini masih kondisi pandemi, kegiatan yang memicu kerumunan pun tidak dianjurkan. Karenanya, penggunaan metode online menjadi salah satu alternatif yang sangat relevan dalam pelaksanaan program PPDB saat ini,” jelas dia.

Selain itu, aplikasi WhartsApp juga bisa digunakan untuk kebutuhan pembelajaran daring. Sehingga, peserta diharapkan dapat mengembangkan materi secara mandiri untuk kebutuhan pembelajaran daring, maupun kebutuhan lainnya.

Sekretaris Pimpinan Cabang Pergunu Kabupaten Magelang Muh Nurhadi menambahkan, kegiatan itu sebagai awal untuk penyemangat bagi tenaga pendidik dalam menghadapi PPDB. Meski dilaksanakan di masa pandemi namun seluruh peserta tetap menaati protokol kesehatan.

Ia menilai, kegiatan tersebut sangat tepat digelar pada masa seperti saat ini. Sebab dapat mendukung bagi sekolah-sekolah untuk berlomba-lomba dalam mencari peserta didik baru di wilayah masing-masing.

”Untuk itu mulailah berpikir kreatif dan inovatif dalam melaksanakan penerimaan peserta didik baru agar mendapatkan target yang diharapkan,” imbuhnya.

Salah satu peserta yang merupakan Guru RA Sokorini 2  Muntilan, Sumarsih, mengatakan kegiatan tersebut sangat membantu. Khususnya bagi guru di tingkatan RA/TK dalam melaksanakan PPDB online karena masih kurang optimalnya dalam penggunaan WhatsApp di lingkungan sekolah.

”Diharapkan, ada pendampingan untuk tindak lanjut dalam workshop ini kedepannya. Agar sekolah-sekolah di wilayah Muntilan bisa optimal dalam penggunakan media/teknologi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara yang diikuti 54 guru itu berasal dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari kelompok belajar, PAUD, RA, MI/SD, SMP/MTs juga SMA/SMK di wilayah Kecamatan Muntilan dan sekitarnya. (mta)

2 Comments
  1. Heri says

    Mantap…semoga berkah manfaat…

  2. PacPergunuMuntilan says

    Sukses selalu untuk pergunu

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: