Petugas Gabungan Cek Kendaraan Angkutan Mudik di Terminal Tidar Magelang, Awak Bus Jalani Pemeriksaan Kesehatan

BNews—MAGELANG— Petugas kepolisian dari Polres Magelang Kota bersama Dinas Perhubungan Kota Magelang melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan bus di Terminal Tipe A Tidar Magelang, Rabu (3/4/2024). Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan jelang Idul Fitri 1445 H/2024.

Kanit Dikmas Satlantas Polres Magelang Kota, Aiptu Modric mengatakan bahwa ramp check ini untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan. Serta sebagai upaya untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kerusakan kendaraan.

”Kami juga mengingatkan para awak bus bahwa keselamatan pemudik itu tergantung dari pengemudi. Kami mengimbau agar tetap mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan,” katanya kepada awak media, Rabu (3/4/2024

”Kalau pengemudinya bagus, menaati peraturan dan imbauan dari kepolisian dijalankan, Insyaallah nanti akan selamat sampai tujuan. Semoga mudik Lebaran tahun ini lancar,” sambungnya.

Selain kegiatan ramp check angkutan mudik, para awak bus juga diperiksa oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang dan BNN Kabupaten Magelang.

”Sasarannya 60 hingga 80 orang pengemudi dan kru bus. Pemeriksaan mulai dari tekanan darah, potensi penyakit tidak menular, gula darah, kolesterol hingga tes urine,” jelas Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Magelang, Ulfa Hanum.

”Bila ada pengemudi atau kru bus yang misalnya tensinya tinggi, kami beri edukasi dan bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat,” sambungnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)
awak bus jalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Tipe A Tidar Magelang, Rabu (3/4/2024).

Sementara itu, Kepala Terminal Tidar Tipe A Kota Magelang, Aris Mujiono memaparkan bahwa pemeriksaan kesehatan pengemudi dan kru bus serta ramp check angkutan mudik ini bertujuan agar perjalanan mudik lancar dan selamat.

”Kita memastikan kondisi kendaraan laik jalan. Kemudian kondisi pengemudi dan kru bus sehat baik secara fisik maupun non fisik,” paparnya.

Tambahnya, seluruh kendaraan yang masuk ke Terminal Tipe A Tidar Magelang akan dilakukan ramp check. Bila kendaraan tersebut laik jalan maka akan dipasang stiker.

”Bila tidak laik jalan maka tidak dipasang stiker dan otomatis kendaraan tersebut tidak boleh beroperasi. Pengecekan mulai dari body kendaraan, lampu-lampu, rem, roda, klakson termasuk administrasi. Dicek surat-surat apakah masih berlaku atau tidak,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: