Pilpres 2024, PKB Ingin ’Jodohkan’ Puan Maharani-Cak Imin

BNews—NASIONAL— Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilpres 2024 mendatang. Partai berlambang bola dunia yang dikelilingi sembilan bintang ini hendak ’menjodohkan’ Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Puan Maharani.

”PKB akan berkoalisi dengan PDIP,” kata Ketua DPP PKB Bidang Pemenangan Pemilu, Faisol Riza, Senin (31/5).

”Iya (kami tawarkan paslon), Puan-Gus AMI,” sambungnya.

Alasan partai yang didirikan pada 23 Juli 1998 oleh para kiai Nahdlatul Ulama ini berkoalisi dengan PDIP lantaran kesamaan pandangan dalam kebangsaan. Selain itu, PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019 sehingga bisa membuat koalisi pemerintahan yang kuat dan efektif. 

”Lalu terbukti kerja sama koalisi selama dua masa pemerintahan ini berhasil,” klaim Faisol.

Apalagi, imbuh dia, komunikasi antara PDIP dan PKB sudah dibangun sejak lama dan intens. ”Insyaallah sudah lama (komunikasi),” imbuhnya.

Terpisah, politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menanggapi pernyataan Ketua DPP PKB Bidang Pemenangan Pemilu, Faisol Riza. Dirinya menegaskan, penentuan paslon capres di PDIP merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

”Pernyataan yang menarik, keinginan yang simpatik. Tentu kami catat untuk terus dikomunikasikan,” ujar Hendrawan, Selasa (1/6).

”Namun penentuan paslon capres di PDIP merupakan hak prerogatif Ketua Umum,” tambahnya.

Ia menyampaikan, saat ini PDIP belum fokus mengurusi Pilpres 2024. Menurutnya, partai berlambang kepala banteng saat ini berfokus pada pemulihan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19.

”Kami selama ini masih berfokus untuk menyukseskan program-program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ucapnya.

”Jadi kami harus lebih sering turun ke lapangan untuk memperkuat daya tahan masyarakat dalam upaya mengatasi pandemi dan resesi. Dan membangun solidaritas sosial akar rumput,” pungkas dia. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: