POLIMMAG Dampingi Peningkatan SDM Pemasaran Wisata Polengan Edupark

BNews–MAGELANG- Polengan Edupark adalah wahana wisata edukasi yang merupakan unit usaha BUMDESA Amprih Mulyo Desa Polengan Kecamatan Srumbung. Lokasinya masih berada di kawasan di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sementara, BUMDESA Polengan selain lokasi tersebut, memiliki juga berbagai macam unit usaha lainnya. Diantaranya berupa kolam renang, home industri, persewaan peralatan bangunan, kios-kios usaha, dan yang saat ini sedang dikembangkan yaitu Polengan Edupark.

Untuk Polengan Edupark sendiri, diketahui memiliki beberapa fasilitas yang ditawark an serta sangat cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Diantaranya yaitu menyediakan sarana outbound yang bertujuan untuk mengasah keterampilan, juga ada spot photo; tempat untuk relaksasi bagi pengunjung seperti; perahu bebek kayuh, arena bermain anak-anak, dan aneka tanaman bunga yang indah.

Disamping itu di Polengan Edupark juga ada kios-kios berjajar yang menjual dan menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung. Saat ini juga sedang dibangun kios-kios usaha tambahan yang diperuntukan bagi warga desa Polengan; panggung hiburan dan pentas seni, sarana ibadah berupa masjid dan juga terdapat sebuah Pendopo Desa Polengan.

Di masa Pandemi covid-19 ini, jumlah pengunjung wisata di Polengan Edupark mengalami banyak penurunan. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan-pembatasan masyarakat dalam beraktivitas dan himbauan agar tempat wisata tidak beroperasi selama PPKM beberapa waktu lalu.

Disamping itu letak wahana wisata Polengan Edupark yang belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas. Serta proses perbaikan dan penyempurnaan berbagai macam tempat dan fasilitas untuk menunjang kenyamanan, keamanan, keasrian; keindahan Polengan Edupark yang sedang dalam tahap proses penataan juga ikut mempengaruhinya.

Politeknik Muhammadiyah Magelang (POLIMMAG) yang telah memiliki hubungan kemiteraan akad kerjasama (MoU) dengan Pemerintah Desa Polengan; merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan wahana wisata Polengan Edupark tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Oleh karena itu untuk membantu pengembangan wahana wisata tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Muhammadiyah Magelang; membentuk beberapa tim untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Satu diantara Tim Pengabdian masyarakat dari POLIMMAG yaitu Bigar Rahasia Siswa, S.Pd., M.Pd.B.I. Ia bersama dengan 6 Mahasiswa melaksanakan pendampingan pelatihan kepada para pengelola BUMDESA Amprih Mulyo desa Polengan.

Mereka melakukan kegiatan berupa Diklat “Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Komputer dan Bahasa Inggris untuk Mendukung Pemasaran BUMDESA Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

“Kegiatan ini telah dimulai sejak hari Kamis 26 Agustus 2021 dan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2021. Pendampingan pelatihan ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis pada pukul 13.00 – 15.00 WIB selama 12 kali pertemuan. Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini kami melibatkan beberapa pihak diantaranya yaitu para pengelola BUMDESA, Perangkat desa termasuk juga Sekretaris desa, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) beserta anggotanya, Sekretaris BUMDESA, Kasi Pelayanan, dan seksi-seksi lain di BUMDESA,” tutur Bigar Rahasia Siswa Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat.

Ia juga menjelaskan bahwa dia bersama 6 Mahasiswa jurusan Program Studi D3 Administrasi Perkantoran yaitu Mia Ayu Prawesti, Hanifah; Anisa Wulandari, Fatimah, Indah Puspitasari dan Luthfy Fitriyanti membantu dan mendampingi para peserta pelatihan. Yakni dalam upaya optimalisasi pemanfaatan aplikasi komputer untuk mendukung pemasaran BUMDESA Polengan.

Pada kegiatan ini peserta pelatihan dibantu untuk memanfaatkan aplikasi komputer pengolah kata, pengolah data, pengolah presentasi, disain grafis; serta bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia dalam pengelolaan wahana wisata Polengan Edupark.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pilihan materi pelatihan tersebut adalah merupakan permintaan para peserta pelatihan dari hasil musyawarah bersama. Yakni sebelum pelaksanaan pelatihan di mulai pada hari Selasa tanggal 24 Agustus 2021 di Pendopo Desa Polengan.

Pelatihan Desain oleh POLIMMAG di Polengan edupark

Bigar berharap, bahwa kegiatan ini semoga bermanfaat dan bisa membantu khususnya dalam pengelolaan BUMDESA Amprih Mulyo Desa Polengan. Baik dari segi tata kelola administrasi laporan BUMDESA berbasis komputer dengan aplikasi pengolah kata; pengolah data, pengolah presentasi, dan juga desain grafis.

“Itu nantinya untuk membuat berbagai macam media promosi baik secara online maupun offline, melalui media sosial ataupun kunjungan secara langsung; ataupun untuk membuat berbagai macam desain seperti membuat desain buku profil desa, baner papa nama; penunjuk arah, poster, sampul buku, kartu nama, umbul-umbul, brosur, dan lain sebagainya,” harapnya.

Sedangkan pembekalan dalam pembelajaran bahasa Inggris, lanjutnya diharapkan mampu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Yakni yang berkaitan dengan pariwisata seperti mendiskripsikan tempat wisata, menunjukkan arah tempat/lokasi ataupun untuk keperluan transaksi jual beli antara wisatawan asing dengan penduduk lokal.

“Sehingga jika sewaktu-waktu ada orang asing yang berkunjung ke Polengan Edupark para pengelola wahana wisata tersebut telah siap, kesemuanya itu tujuannya adalah agar BUMDESA Desa Polengan khususnya wahana wisata edukasi Polengan Edupark semakin dikenal oleh masyarakat serta banyak pengunjungnya sehingga bisa meningkat pendapatan asli desa (PAD) Desa Polengan”, pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: