Polres Magelang Tatap Muka Dengan FKUB, Termasuk Tomas, Toga dan Pemuda

BNews–MAGELANG- Polres Magelang gelar tatap muka dengan Forum Kerukuran Umat Beragama (FKUB). Dengan mengangkat tema “Melalui Kerukunan Umat Beragama Kita Ciptakan Situasi Kamtibmas Yang Aman Dan Kondusif” kegiatan digelar do Gedung Bhayangkara Utama (BGU) Polres Magelang, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan dihadiri Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH,S.I.K, Kasat Binmas Iptu Winadi SH; Kesbangpol Kabupaten Magelang Slamet Riyadi, SH, MH (analis kerukunan umat beragama); Ketua MUI Kabupaten Magelang KH Khamami M.Si; Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda Se Kabupaten Magelang.

Dalam sambutannya Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH,S.I.K menyampaikan; bahwasanya Kepolisian Negara Republik Indonesia memiliki tugas pokok dan fungsi; yang mana kewenangannya diatur pada undang-undang nomor 2 tahun 2002. Lebih spesifik khususnya pada pasal 13 dan diatur beberapa bagian yang terutama adalah Harkamtibmas.

“Harkamtibmas ini disebutkan keamanan dan ketertiban di masyarakat tidak serta merta menjadi tanggung jawab Polri sendiri; ini perlunya bantuan dari pada elemen masyarakat baik itu tokoh agama; tokoh masyarakat serta tokoh pemuda,” katanya.

Dengan adanya pertemukan dengan FKUB ini, lanjutnya setidaknya dapat 1 langkah ke depan; yakni mengambil sikap bersama-sama untuk ciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Magelang.

“Sebagaimana kita ketahui bersama situasi saat ini telah banyak mengalami perubahan; yang mana Indonesia terkenal dengan sikap ramah tamah dan toleransi. Namun akhir-akhir ini marak banyaknya adanya oknum masyarakat oknum kelompok yang mengedepankan in toleransi; sehingga hal ini nantinya akan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa NKRI,” paparnya.

Kapolres menegaskan, bahwatidak hanya diperjuangkan oleh satu kelompok saja, satu agama saja; namun kemerdekaan RI diraih oleh pahlawan. Yakni dari segala macam kelompok dari segala macam agama yang ada di Indonesia ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Dan saat ini kita masih masuk dalam masa pandemi covid yang belum tahu selesainya kapan. Banyak program-program pemerintah yang diturunkan dari pusat sampai dengan ke tingkat bawah; dengan tujuan untuk menyelamatkan warga negara Indonesia. Namun masih banyak masyarakat kita keluarga kita yang belum memahami manfaat dari pada program-program pemerintah tersebut; yakni sebagai contoh dengan adanya penolakan untuk di vaksin dan sebagainya, sehingga hal ini dapat mengancam bagi masyarakat yang lainnya. Alhamdulillah saat ini berangsur-angsur sudah mulai mengecil dan aktivitas masyarakat kembali normal seperti sedia,” tegasnya.

Dijelaskannya, salah satunya ada kebijakan pemerintah mengalihkan subsidi BBM. Dimana beberapa waktu yang lalu berikan kepada masyarakat; namun tidak tepat sasaran.

“Sehingga pemerintah mengambil kebijakan untuk menaikkan harga BBM; mengingat banyak masyarakat dari golongan mampu ikut menikmati subsidi BBM. Inilah yang dirasa oleh pemerintah belum tepat yang harusnya  BBM itu diterima dan dinikmati oleh kelompok masyarakat yang kurang mampu; sehingga di BBM dialihkan dalam bentuk bantuan langsung tunai diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu saat ini sudah proses  BLT,” jelasnya.

AKBP Sajarod Zakun juga menyampaikan bahwa pertemua dengan FKUB ini akan dilaksanakan secara berlanjut. Tentunya dengan dukungan dari Pemkab Kabupaten Magelang.

“Semoga kerukunan umat beragama di wilayah Kabupaten Magelang mendapat dukungan dari pemerintahan juga dukungan dari warga. Sehingga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Magelang dapat tercipta dengan aman dan kondusif,” harapnya.

Kapolres juga meminta bantuan dari para peserta yang hadir untuk membantu jajaran Polri. “Kami tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dan dukungan dari semuanya. Termasuk para peserta selaku tokoh agama tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda. Hal ini untuk menciptakan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Magelang ini,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!