Potensi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, Begini Strategi Ganjar untuk Menghadapi

BNews—JATENG—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah daerah di wilayah Selatan Jateng untuk memetakan daerah berpotensi terdampak tsunami.

Ganjar menyebut, nantinya daerah tersebut akan didorong untuk membentuk Desa Tangguh Bencana.

”Potensi itu ternyata luarbiasa di wilayah selatan. Nah dari cerita potensi megathrust yang di selatan itu, ternyata bisa kita simulasikan,” kata Ganjar, Senin (28/12/2020)

Dia menjelaskan, simulasi bisa dilakukan dengan dua cara yakni pemetaan area yang terkena megathrust. Ganjar juga mencontohkan wilayah Cilacap yang telah mengidentifikasi 55 desa rawan terdampak tsunami.

”Maka kita akan identifikasi seluruh desa yang ada di wilayah selatan. Untuk kita siapkan semua harus menjadi desa tangguh bencana,” kata Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga mencatat saran yang diberikan oleh para ahli dari ITB yakni untuk menerapkan green belt. Terkait hal itu, pihaknya akan mendorong Pemda di wilayah potensi terdampak tsunami untuk menanam bibit pohon tertentu yang dapat mengurangi dampak tsunami.

”Tadi disampaikan agar kita menyiapkan greenbelt dengan tanam pandan laut yang bisa dipkai sebagai front line,” ujarnya.

Selanjutnya, bagi daerah yang diidentifikasi berpotensi terdampak tsunami namun tak memiliki dataran tinggi, juga akan didorong untuk membuat area penyelamatan artifisial atau buatan.

”Kita perlu mengidentifikasi beberapa daerah untuk membuat rescue-rescue area dan building. Bisa bangunan atau semacam bukit yang secara artificial itu bisa dibuat sehingga orang nanti bisa lari (ke sana) menyelamatkan (diri),” tegas  dia.

Sebagai informasi, hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) pada September 2020 lalu mengungkapkan, adanya potensi tsunami 20 meter di selatan Jawa. Hal itu pun viral dan ramai diperbincangkan masyarakat.

Hasil riset yang diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report pada (17/9/2020) itu dianggap mengkhawatirkan bila benar-benar terjadi.  Ganjar pun memastikan bahwa potensi itu harus dihadapi dan proses mitigasi juga harus dilakukan. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: