PPMT UNIMMA Gairahkan Ekonomi Warga Kwarasan Melalui Digital Marketing

BNews–MAGELANG– Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Periode III Tahun 2021. Kegiatan PPMT sendiri merupakan wujud dari upaya pencapaian salah satu visi yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat.

Dan kelompok PPMT kali inidiketuai oleh Dr. Umi Rachmawati, M.Pd, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unimma. Sementara beranggotakan lima mahasiswa, yaitu Desy Ayu Puspita, Hery Prasetyo Adi, Ike Apriyanti, dan Anisya Eka Ariyanti.

Pelaksanannya sendiri berada di Dusun Kwarasan, Desa Ketawang, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Tema yang diangkat adalah “Penggairahan Ekonomi Masyarakat Dusun Kwarasan, Desa Ketawang, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Melalui Optimalisasi Potensi Pemuda Usia Produktif”.

Kelompok ini memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat di Dusun Kwarasan tentang pemasaran digital (digital marketing). Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan PPMT yang dilaksanakan sejak awal April 2021.

Dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini, masyarakat diberi penjelasan tentang pengertian dan tujuan digital marketing. Mereka juga diberi penjelasan tentang contoh dari penerapan strategi digital marketing serta keunggulannya.

Seperti memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan menggunakan layanan Shopee untuk mengelola informasi dan kehadiran bisnis di internet.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Mereka kemudian juga diajak untuk berdiskusi serta berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kegiatan usaha dan pemasaran. Tujuannya adalah agar masyarakat dan terutama potensi pemuda usia produktif lebih memahami tentang konsep digital marketing dan bisa mulai belajar menerapkannya untuk meningkatkan kegiatan usaha mereka.

Perkembangan teknologi serta mewabahnya Covid-19 membuat masyarakat perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Bagi pelaku usaha, kondisi seperti saat ini membuat mereka lebih menyadari perlunya mengubah strategi pemasaran dari pemasaran konvensional ke pemasaran digital.

Hery Prasetyo Adi, mahasiswa sekligus ketua kelompok PPMT di Dusun Kwarasan menjelaskan bahwa digital marketing diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk. Jangkauan yang dimiliki digital marketing memungkinkan sebuah produk untuk dikenal secara lebih luas.

“Dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini diharapkan masyarakat terutama pelaku usaha di Dusun Kwarasan memperoleh lebih banyak wawasan dan pemahaman tentang pemasaran digital. Serta mampu mulai menerapkannya untuk bisa mendapatkan dan memperluas pasar bagi produk yang mereka hasilkan,” katanya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: