PPMT UNIMMA Maksimalkan Digital Marketing Dalam Promosi Produk Vins Konveksi Magelang

BNews–MAGELANG- Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) atau yang sering dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). PPMT periode III dilakukan pada UMKM Konveksi di daerah Karangkidul Magelang.

Kali ini para mahasiswa melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengambil topic yakni “Ekonomi Kreatif Berbasis Wirausaha dan Kearifan Lokal”.

Kelompok mahasiswa tersebut bekerjasama dengan UMKM Vins Konveksi yang beralamat di Jl. Singosari 32A RT 06/RW 07 Karangkidul, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kota Magelang.

Kelompok PPMT ini dipimpin oleh Friztina Anisa, Se., Mba selaku ketua pelaksana sekaligus sebagai dosen pembimbing. Sementara kelompok tersebut terdiri dari lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).

 Mereka adalah sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) program studi Manajemen yaitu Desalfa Galih, Farah Kurniawati, Nilam Puspitasari, Fiorentina Prasetya, dan Aqilla Sahirah Aprillia.

Tema yang diangkat dalam tim PPMT ini adalah “Pemberdayaan Dan Pendampingan Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Vins Konveksi”.

Dari hasil observasi yang telah dilakukan, UMKM Vins konveksi mengalami penurunan omset yang cukup besar di masa pandemic covid-19. Serta pemasaran produk yang belum optimal. Hal itulah yang mendasari tim PPMT melakukan pelatihan digital marketing pada UMKM Vins Konveksi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Oleh karena itu, tim PPMT melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Program yang dilaksanakan antara lain Pelatihan Pembuatan Social media seperti instagram dan facebook.

Medso tersebut untuk pemasaran produk-produk hasil Vins Konveksi. Hal ini karena dimasa pandemic ini sangat dibutuhkan media social sebagai perantara promosi agar lebih dikenal masyarakat luas. 

Kegiatan PPMT ini dimulai sejak bulan Juni dan berakhir pada tanggal 14 Juli 2021. Karena ditengah adanya pandemi tentunya kami  harus menjalankan segala aturan yang ketat tentang protokol kesehatan.

Dengan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini diharapkan masyarakat terutama pelaku usaha UMKM Vins Konveksi memperoleh lebih banyak wawasan serta pemahaman. Yakni tentang pemasaran digital dan mampu mulai menerapkannya untuk bisa mendapatkan dan memperluas pasar bagi produk yang mereka hasilkan.

Selama kegiatan PPMT ini kami menjalankan beberapa program diantaranya yaitu Pelatihan pemotretan contoh produk Vins Konveksi dan pembuatan akun social media. Dimana nantinya akan dipublikasi melalui instagram maupun facebook.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dengan pelatihan tersebut dapat memudahkan Vins Konveksi dalam memasarankan produknya lebih baik dan benar.Serta para pengguna sosial media atau pengikut akun Vins Konveksi bisa mengetahui lebih jelas apa saja produk yang dipasarkan Vins Konveksi. Mulai dari kualitas bahan sampai harga produk. Dan tentunya supaya dijangkau lebih luas lagi oleh pengguna sosial media.

Pelatihan Digital Marketing Pemasaran dengan cara membagikan masker dan handsanitizer berlabel Vins Konveksi dan UNIMMA. Hal ini juga untuk mengantisipasi agar masyarakat Magelang tetap menjaga prosedur kesehatan dikarenakan sedang maraknya pandemi covid-19. Sekaligus mempromosikan produk Vins Konveksi dan kegiatan PPMT dari Universitas Muhammadiyah Magelang.

Mahasiswi PPMT UNIMMA juga bagi bagi masker
Mahasiswi PPMT UNIMMA juga bagi bagi masker

Adanya pembagian masker dan handsanitizer, masyarakat sekitar sangat antusias dan senang karena telah dibantu dalam melakukan pencegahan covid-19.

Pelatihan selanjutnya yaitu Pelatihan Pembuatan Desain Plang dan Banner menggunakan aplikasi corel draw. Karena sebelumnya plang UMKM Vins kecil dan kurang menarik maka dari itu tim PPMT membantu mendesain serta membuat plang UMKM Vins yang lebih besar dan lebih menarik supaya dapat dilihat lebih jelas lagi.

Dengan diadakannya kegiatan PPMT ini, kami berharap membawa dampak positif kepada UMKM Vins Konveksi serta melanjutkan program kerja yang sudah kami laksanakan. 

Hal ini pula dilakukan untuk bisa meningkatkan jumlah omzet, daya tarik kepada konsumen, memperluas pangsa dan mempertahankan UMKM Vins Konveksi di dunia usaha mikro menengah kecil. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: