Profil 4 Taruna Ganteng Peraih Adhi Makayasa 2021

BNews—MAGELANG— Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana bagi Taruna/ Taruni Tingkat IV Akmil Tahun Ajaran 2021. Dalam kesempatan ini, KSAD juga memberikan penghargaan kepada Taruna/ Taruni yang meraih predikat terbaik.

Sermatutar Septian Haryono Pasaribu Nomor Akademi 2017.021, Program Studi Manajemen Pertahanan Korps Infanteri (Inf) ditahbiskan sebagai lulusan terbaik Taruna atau peraih Adhi Makayasa. Septian berasal dari Sumatera Utara.

Sementara peraih terbaik untuk Taruni atau Anindya Wiratama tahun ini yaitu Sermatutar Chaterine I Simbolon Nomor Akademi 2017.222. Prodi Teknik Mesin Pertahanan (Niksinhan) dengan Korps Perbekalan dan Angkutan (Cba).

Sebanyak 227 Taruna/ Taruni yang mengikuti upacara wisuda di di Lapangan Stadion Sapta Marga Akmil Magelang. Perinciannya, 209 Taruna dan 18 Taruni.

KSAD memberikan selamat serta pesan kepada para siswa Taruna 2021. Selanjutnya mereka nanti akan dilantik menjadi perwira, dilanjutkan kegiatan penataran intelijen dan penataran pelatih. 

”Setelah itu Taruna/ Taruni menduduki jabatan sebagai Komandan Peleton (Danton) dan setingkatnya, baik di satuan Tempur, satuan Banpur maupun satuan Banmin. Dan akan ditempatkan di jajaran TNI AD di seluruh penjuru Tanah Air Republik Indonesia,” kata KSAD di laman situs resmi Akmil, dikutip Rabu (7/7).

Selan Akmil, akademi militer lainnya dan akademi kepolisian juga telah melakukan upacara penutupan pendidikan serta wisuda bagi para Taruna. Dalam wisuda itu juga diserahkan penghargaan bagi lulusan terbaik.

Penghargaan Adhi Makayasa diberikan kepada mereka yang berprestasi terbaik pada tiga aspek yakni akademis, jasmani dan kepribadian. Ada pula penghargaan Tri Sakti Wiratama, yaitu mereka yang lulus terbaik dari tiga aspek tersebut, namun dihitung hanya di tingkat akhir pendidikan.

Umumnya peraih Adhi Makayasa juga menyandang Tri Sakti Wiratama. Namun ada kalanya, peraih penghargaan ini berbeda.

Setelah dari akademi masing-masing, para lulusan Taruna ini akan dilantik presiden dalam upacara yang Prasetya Perwira atau Praspa. Pada momen itu presiden akan menganugerahkan Adhi Makayasa pada para lulusan terbaik.

Berikut Daftar lengkap peraih Adhi Makayasa 2021:

Sermatutar Septian Haryono Pasaribu (Akmil)

Sermatutar Septian Haryono merupakan lulusan SMAN 2 Balige, Sumatera Utara.

Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris (AAL)

Sermatutar Giving Always Hamonangan Tiris dianugerahi gelar Adhi Makayasa oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (23/6).

Meski berdarah Batak, Always Giving Hamonangan Tiris lahir di Jayapura, 15 Maret 1999. Ayahnya, Alex Tiris, sehari-hari bekerja sebagai juru parkir. Sementara ibunya, Dirmawaty Panjaitan, bekerja sebagai penjual minuman. 

Always Giving masuk AAL terinspirasi kakaknya, Letda Mar Aldre Binhur Tiris, yang merupakan lulusan AAL Angkatan ke-63 Tahun 2018.

Sermatutar Laode Abdul Muis (AAU)

Lahir di Lasora, Buton pada 13 Maret 1999, Laode diberikan penghargaan Adhi Makayasa oleh KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat upacara penutupan pendidikan dan wisuda 91 lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU), Rabu (16/6).

Penyerahan Adhi Makayasa ini berdasarkan surat keputusan KSAU dengan nomor 174/VI/2021 tentang Penentuan Taruna Terbaik Lulusan AAU Tahun Pendidikan 2020-2021.

Laode merupakan Taruna yang menempuh pendidikan di Prodi Elektronika Pertahanan AAU. Ia sekaligus mendapatkan trofi Adhi Sakti Teknik Elektronika dari Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso.

Brigadir Taruna Hary Indradjati (Akpol)

Brigadir Taruna Hary Indradjati dianugerahi Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akademi Kepolisian 2021. Penghargaan diserahkan bersamaan upacara Wisuda Sarjana Terapan Kepolisian, Taruna Akpol Angkatan 52, Batalyon Reksa Aksatriya Daksa di Auditorium Cendikia Akpol, Jumat (2/7). 

Hary, kelahiran Bandarlampung 23 September 1999 merupakan Taruna asal pendaftaran dari Polda Lampung. Lulus dari SMP, ia masuk SMA Taruna Nusantara. 

Selain Adhi Makayasa, Hary juga meraih sejumlah penghargaan yakni; Adhi Makayasa, Ati Tanggap Emas, Ati Tanggon Perunggu, Karya Wira Nugraha Perunggu. (hil/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: