Program KIP Kuliah Berikan Kesempatan Siswa Lulusan SMA/SMK Di Magelang

BNews–MAGELANG– Siswa lulusan SMA/SMK di Kabupaten Magelang mampu terserap dengan adanya Program Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah. Sehingga mereka memiliki kesempatan melanjutkan ke bangku kuliah.

Dimana KIP Kuliah dapat digunakan bagi siswa yang mendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Salah satu siswa yang terserap dalam program KIP Kuliah adalah, Satrio Damarbuwono, warga Dusun Sanggrahan, Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Dimana dirinya dapat masuk kuliah di STMIK Bina Patria Magelang, bersama 53 siswa lainnya se Kabupaten Magelang yang berbeda asal sekolah.

“Saya lulusan SMK Pangudi Luhur Muntilan jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, yang saat ini mengambil jurusan S1 Sistem Informasi.

Sebenarnya saya punya rencana masuk kuliah tiga tahun lagi, cari uang dulu buat kuliah. Tapi adanya program KIP Kuliah menjadi kesempatan saya dapat kuliah lebih cepat,” terang Satrio.

Siswa lainnya yang juga terserap dalam program KIP Kuliah, Ayu Putri Mega Wati, yang merupakan warga Brotokan Danurejo Mertoyudan. Dirinya bersekolah di SMK Maarif Kota Magelang, dengan jurusan Akuntansi.

“Syarat untuk masuk program KIP Kuliah cukup mudah dengan fotocopy ijazah, pas foto, dan lain-lain. Banyak rekan-rekan lainnya yang kurang mampu dapat tertolong program ini dan berkesempatan berkuliah,” ungkap Mega.

Sementara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, DR Nikmah Nurbiaty S. Pd. M. Pd, menyambut baik program tersebut, karena siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

“Banyak siswa di Kabupaten Magelang masuk ke program KIP Kuliah, dimana program tersebut dapat menolong siswa yang kurang mampu untuk mewujudkan harapan menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi,”tandasnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: