IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Pulang September Jemaah Haji Baru Disambut Pemkab Magelang Kemarin

BNews–MUNGKID— Ratusan jamaah haji asal Kabupaten Magelang menghadiri acara penyambutan di pendopo Lapangan Drh. Soepardi Sawitan (26/12). Meskipun dirasa sudah agak terlambat acara penerimaan haji ini adalah semata mata masalah teknis.

Hal tersebut diketahui karena mulai tahun 2019 ini jamaah haji tidak boleh dibebani oleh beberapa bentuk iuran. Sehingga pada tahun anggaran 2019 pada penetapan anggaran belum dianggarkan.

“Pihak penyelenggarapun harus menunggu di perubahan anggaran di bulan Oktober dan sudah tentu pencairannya.Dan acara penerimaan haji kembali baru bisa dilaksanakan pada akhir desember ini,” ungkap Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

“Akibat mundurnya acara tersebut, mengurangi greget nuansa kepulangan haji. Lebih separo dari seribu lebih tempat duduk yang disediakan tidak terisi,” imbuhnya.

“Meskipun sudah agak terlambat mudah mudahan ini menjadi sebuah reuni. Karena dalam ibadah haji sudah barang tentu menjadi sebuah perjalanan spiritual yang panjang baik waktu maupun jarak tempuhyang kurang lebih 40 hari menempuh perjalanan,” paparnya.

Dijelaskannya juga, bagi para jamaah haji yang pertama ini menjadi pengalaman yang luar biasa haji yang pertamma adalah haji yang istimewa. “Bagaimana kita sejak kecil dididik tentang agama. Dimana kita sejak kecil melakukan sholat menghadap kearah kiblat ka,bah dan hanya bisa membayangkan,” jelasnya.

“Kemudian setelah ditanah suci bisa melihat dengan mata telanjang. Ini membuat kesan mendalam masing masing jamaah,” tegasnya.

Loading...

Wakil Bupati berharap dan mendoakan semoga jamaah haji tahun 2019 menjadi haji yang mabrur dan diharapkan nanti akan ikut dalam ikatan Persaudaraan Haji Indonesia  (IPHI) kabupaten Magelang.

“Sebuah wadah untuk bimbingan dalam tetap menjaga kemabruran haji kita bersama sampai dipanggil Tuhan,” tandasnya.

Sementara Kepala kantor kementrian Agama kabupaten Magelang Drs H Madsabitul Wafa, menambahkan bahwa menjadi kebanggaan kita bahwa jamaah haji dari kabupaten Magelang terdisiplin nomor 5 di propinsi Jawa tengah. “Hal tersebut semakin baik dari urutan ke 7 pada tahun lalu,” tambahnya.

Jumlah Jamaah haji tahun 2019 dari Kabupaten Magelang berjumlah 1.230 orang. Dan yang meninggal di Tanah suci 2 orang dan semua jamaah selamat hingga ke Tanah air kembali sejumlah 1.228 , serta didalamnya terdapat 9 orang TPHD.

Disebutkan ada beberapa perubahan yang memang yang harus diikuti karena kebijakan pemerintah pusat. Perubahan tersebut antara lain jumlah yang berhak melunasi calon jamaah haji tahun 2020  meningkat yakni 1.320 calon jamaah haji.

“Ada juga kalau tahun 2019 penyusunan karu, karo, dan kloter dibentuk setelah pelusanas namun tahun depan pembentukan  dilakukan sebelum pelumasan,” terangnya.

“Kemudian ada jeda waktu lima hari yang tdak diberikan oleh pemerintah alias masak sendiri, namun tahun depan seluruh hari mulai dari keberangkatan di Donohudan hingga kepulangan semua dijamin oleh pemerintah,” ujarnya.

“Jadi calon jamaah nanti tidak ada lagi yang membawa alat masak dan bahan makan. Karena seluruh harinya sudah ditanggung pemerintah, kemudian tempat yang akan ditempati di tanah suci masih sama dengan tahun kemarin,” tutur Wafa.

Sejak tahun 2019 seluruh jamaah haji di Kabupaten Magelang sudah dibiayai hal hal yang tadinya tidak dibiayai oleh pemerintah daerah. Mudahan kebijakan Pemeintah untuk menanggung biaya non PPIH menjadi amal jariah bersama dan ini belum banyak dilakukan di kabupaten atau pemerintah daerah lain.

Di informasikan juga bahwa pelaksanaan persyaratan dokumen imigrasi untuk calon jamaah haji 2020 dari Kabupaten Magelang sudah dinyatakan lengkap oleh imigrasi.

“Sehingga pada tanggal 5 januari sudah akan melakukan pembuatan paspor yang terkoordinir yang dibiayai oleh jamaah dilaksanakan oleh jamaah atas pantauan kementrian agama dan ini awal yang pertama di Jawa Tengah. Yang selanjutnya akan dikirim ke Jakarta untuk pemvisaan awal sehingga apabila jamaah dinyatakan siap maka dokumen paspor kita sudah dinyatakan rigit dan siap terbang,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: