Puluhan Mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi di Indonesia Tuntaskan Program PMM di Untidar

BNews—MAGELANG— Sebanyak 30 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia telah selesai mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 Inbound di Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

Tahun ini, Untidar menerima 30 mahasiswa PMM yang berasal dari 20 perguruan tinggi di Indonesia. Dari 30 mahasiswa, tujuh diantaranya merupakan mahasiswa program vokasi dan sisanya program sarjana.

Pelepasan mahasiswa PMM Batch 4 Inbound digelar di Gedung Kuliah Umum (GKU) Dr. H.R Suparsono pada Kamis  (4/7/2024).

Koordinator Perguruan Tinggi Penerima PMM Batch 4 Inbound Untidar, Eny Ratnasari mengungkap bahwa pelaksanaan PMM 4 di Universitas Tidar berjalan lancar. Baik dari sisi akademik, non akademik, hingga penyelenggaraan Modul Nusantara.

”Ciri khas dari program PMM yaitu merayakan kebhinekaan melalui kegiatan Modul Nusantara. Bersama dosen Modul Nusantara dan para LO, serta dukungan universitas, PMM 4 di Untidar berhasil menyelenggarakan 17 kali Modul Nusantara. Jumlah ini lebih dari kewajiban yang diminta kementerian,” ungkapnya dalam rilis pers yang diterima BorobudurNews.

Eny menjelaskan, kegiatan Modul Nusantara Untidar tidak hanya mengunjungi situs budaya di Magelang saja, namun juga mengunjungi situs budaya di Yogyakarta dan Klaten.

Selain itu, PMM 4 inbound Untidar juga melaksanakan kontribusi sosial sebanyak dua kali yaitu mengunjungi panti asuhan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan dan mengunjungi Tempat Pembelajaran Al-Qur’an (TPQ) di daerah Silancur, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

“Banyak sekali hal spesial di PMM Universitas Tidar kali ini. Salah satunya, pertama kalinya Untidar terpilih untuk dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) oleh tim Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa) dan tim Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Pusat. Secara keseluruhan, berdasarkan hasil monev, alhamdulillah Untidar mendapatkan hasil yang baik,” jelas dia.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Sementara itu, Rektor Untidar, Sugiyarto bertekad tahun depan Untidar akan menerima mahasiswa inbound lebih banyak lagi. Karena dari tahun ke tahun, jumlah mahasiswa yang mengikuti program itu di Untidar stagnan di angka 30-an.

”Namun kami yakin kebersamaan selama ini menjadi sesuatu yang sangat bermakna. Terutama bagi kami selaku penyelenggara, menjadi pembelajaran dan evaluasi bagaimana kami bisa melayani dengan baik setiap insan yang datang ke Untidar,” ujarnya.

”Kami berharap di tahun depan jumlahnya bertambah. Untuk itu, tentu saja, kami melalui bidang Humas harus selalu melakukan sospro dan saya harap mahasiswa inbound menjadi agen yang membantu memperkenalkan Untidar di universitasnya masing-masing,” sambung dia.

Kepala Suku PMM 4 inbound Untidar, Lady Maria mengaku syukur telah menjadi bagian PMM 4 di Untidar. “Selama enam bulan tentunya kami mendapatkan kesan yang baik. Pengalaman yang kami dapatkan adalah tentang keberagram kami dari berbagai provinsi bertemu di pulau jawa itu bisa disatukan dengan kesopanan dan keamanan yang diberikan oleh Universitas Tidar,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!