Puluhan Wartawan Di Jateng Ikuti UKW Di Borobudur

BNews–MAGELANG–  Bupati Magelang diwakili Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menghadiri acara pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2022. Dimana acara tersebut yang dilaksanakan di Balkondes Ngargogondo, Borobudur, Selasa (15/3/2022).

Nanda mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan uji kompetensi bagi para awak media di wilayah Kabupaten Magelang dan sekitarnya. Dalam sambutannya pun Ia mengungkapkan bahwa di era digitalisasi seperti sekarang ini telah membawa dampak serta perubahan besar, salah satunya pada pola komunikasi dan informasi seiring dengan semakin menguatnya peran media sosial di tengah masyarakat.

Menurutnya, media saat ini berperan penting sebagai kontrol sosial disamping sebagai sarana penyampaian kebijakan publik dari Pemerintah; yang tentunya hal ini menjadi satu kolaborasi yang sinergis dalam bersama-sama mensukseskan program-program pembangunan.

“Oleh karena itu, saya berharap para wartawan yang mengikuti UKW ini nantinya bisa berhasil meraih kelulusan dan mendapat predikat sebagai wartawan profesional yang berkompeten serta bersertifikasi profesi,” ungkap, Nanda.

Tidak kalah penting, dalam hal ini Pers juga terus diharapkan bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui ruang pengabdian di bidang jurnalistik.

“Termasuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan media dan pemilihan informasi dengan bijak,” katanya.

Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki menyebutkan, untuk kesekian kalinya PWI menggelar UKW yang diselenggarakan sejak tahun 2011. Hingga saat ini di PWI sendiri tercatat sudah ada sekitar 12 ribu lebih wartawan anggota PWI yang dinyatakan kompeten dalam berbagai jenjang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurutnya, dengan banyaknya anggotanya yang telah mengikuti UKW tersebut, peranan organisasi wartawan PWI sangat diperlukan; agar para wartawan tersebut memiliki kualitifasi dan menjadi wadah dalam menjalani tugas profesi itu.

“Sederhananya adalah kalau wartawan itu kompeten berarti dia sudah beres di dalam urusan-urusan teknik jurnalistik; urusan-urusan etika jurnalistik, urusan-urusan yang berhubungan dengan hukum Pers,” tuturnya.

Sementara Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS mengatakan bahwa, kegiatan UKW bagi para anggota PWI Jateng yang dilaksanakan di Kabupaten Magelang ini; merupakan UKW kelima kalinya bersama dengan PT Semen Gresik Pabrik Rembang.

“Kami menyampaikan UKW ini sebagai program pembangunan Sumber Daya Wartawan yang artinya adalah progam mahkota. Dimana yang mengutamakan program ini sebagai unggulan utama dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PWI Provinsi Jawa Tengah. Kami ingin wartawan ini di dalam kaca mata akademik juga dilihat sebagai makhluk-makhluk yang berintelektual;dan bukan dekedar mereka yang dianggap kadang-kadang nengganggu kemapanan di dalam sebuah sistem di masyarakat,” tandasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: