Punya Kredit Macet, Ini Tips Menyelesaikannya

BNews—NASIONAL— Mayoritas masyarakat di Indonesia memilih jalan untuk kredit ketimbang membeli secara cash. Meski memiliki banyak keunggulan, kredit juga memiliki resiko yang besar.

Jika mengalami kredit macet seperti misalnya kredit KPR, anda harus segera melakukan berbagai tindakan untuk mengatasinya. Adapun beberapa penyelesaian yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu:

Reconditioning

Salah satu tips penyelesaian kredit macet KPR ialah reconditioning. Selain rescheduling, masalah kredit KPR yang macet juga bisa anda atasi dengan reconditioning.

Dalam penentuan syarat ulang ini, tak hanya jadwal pembayaran yang dapat ditata kembali. Suku bunga yang perlu anda bayarkan juga bisa diatur lagi.

Adapun contohnya ialah dari floating menjadi fixed selama beberapa bulan. Kemudian floating lagi. Keringanan bunga seperti hal tersebut juga bisa diberlakukan melalui reconditioning.

Restructuring

Loading...

Tips menyelesaikan masalah kredit KPR yang macet lainnya ialah dengan mengajukan restructuring.

Restructuring atau penataan ulang dapat anda pilih jika penjadwalan ulang dan penentuan syarat ulang tak cukup membantu.

Adapun hal yang bisa ditata ulang dalam restructuring ini diantaranya yaitu besaran suku bunga, tunggakan bunga, dan pokok kredit.

Misalnya saja, suku bunga dari sebanyak 10% akan diturunkan menjadi 9% saja. Tunggakan bunga mungkin dapat dihapus. Dengan begitu, hanya tersisa pokoknya saja.

Jual Rumah

Anda sebenarnya juga bisa mengkombinasikan reconditioning dan restructuring. Nantinya anda hanya perlu melakukan negosiasi dengan pihak bank.

Pihak bank nantinya akan menilai kemampuan bayar anda lagi sebelum memberikan keringanan.

Apabila anda dinilai akan susah bayar cicilan secara terus-menerus, maka permohonan keringanan kemungkinan besar akan ditolak.

Saat hal ini terjadi, cara terbaik yang bisa anda tempuh ialah menjual rumah itu sendiri sebelum bank menyitanya.

Dengan anda menjual rumah, anda bisa memperoleh selisih dari harga penjualan rumah.

Terlebih jika kredit sudah berlangsung lama, seperti lebih dari 5 tahun. Harga rumah sudah bisa dipastikan naik jika dibandingkan ketika pertama kali beli. Akan tetapi, langkah yang paling baik pastinya menghindari keterlambatan bayar cicilan KPR.

Sebelum anda mengambil KPR, pastikan anda memperhitungkan kemampuan bayar.

Dengan begitu, anda tak akan disibukkan dengan permasalahan dan resiko kredit macet KPR. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: