Ratusan Investor Besar Kunjungi Borobudur untuk Siapkan Program

BNews—BOROBUDUR—Sedikitnya 72 investor dalam negeri dan 24 investor asing dari belahan negara dunia berkunjung ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Kamis (15/3). Melalui agenda Site Visit Regional Investmen Furum 2018 ini diharapkan para investor tertarik mengembangkan destinasi wisata yang masuk dalam daftar 10 New Bali.

Pertama kali mendaratkan kaki di Manohara, puluhan pebisnis langsung disambut tarian Topeng Ireng ”Sanggar Manusia Rimba” dari Desa Wanurejo, Borobudur. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan pemerintah daerah Purworejo, Kulon Progo dan PT TWC Borobudur juga berkesempatan mempresentasikan potensi dan peluang investasi.

Direktur Fasilitas Promosi Daerah, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Husen Maulana menerangkan, Forum Investasi Regional 2018 merupakan agenda tahunan BKPM. Forum pertemuan yang sudah dibuka di Jogjakarta pada Rabu (14/3) kemarin, diikuti sedikitnya 550 investor baik lokal dan luar negeri.

WISATA : Ratusan Investor saat sedang mendengarkan presentasai soal pariwisata kawasan Borobudur di Manohara Hotel Kabupaten Magelang (15/3)--(Foto--Istimewa)
WISATA : Ratusan Investor saat sedang mendengarkan presentasai soal pariwisata kawasan Borobudur di Manohara Hotel Kabupaten Magelang (15/3)–(Foto–Istimewa)

”Investor dan pelaku bisnis dari Indonesia dan seluruh dunia  berkesempatan menjalin hubungan satu sama lain,” tutur Husen yang dalam forum tersebut dihadiri investor asing seperti Amerika Serikat, Taiwan, Australia, Inggris, Abu Dhabi, Arab Saudi, Korea Selatan dan Singapura.

Husen menjelaskan, ikon Candi Borobudur masuk salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas pemerintah pusat. Dibawanya para investor ke candi Budha terbesar ini lantaran masuk dalam kategori Tourism Industry.

”Tema kali ini adalah Lifestyle Industry dan Tourism Industry. Dari Segi Lifestyle kita juga menghadirkan pengusaha gym dan cafe,” terangnya.

WISATA: Para investor ini saat berwisata di Candi Borobudur dengan pemandu lokal, Mura siang tadi (15/3_--(Fto--Istimewa)
WISATA: Para investor ini saat berwisata di Candi Borobudur dengan pemandu lokal, Mura siang tadi (15/3_–(Fto–Istimewa)

Ia berharap, dengan adanya pertemuan ini mampu menarik pelaku bisnis untuk berinvestasi mengembangkan wisata Candi Borobudur dan sekitarnya. Utamanya dalam mendukung proyek 10 New Bali yang digagas pemerintah.

”Misal untuk pembangunan resort, infrastruktur dan lainnya,” papar Husen

Direktur pemasaran dan Pelayanan TWC Ricky Siahaan menyambut baik kunjungan investor ke Candi Borobudur. Bahkan, bersama Pemkab Purworejo dan Gunung Kidul, PT TWC berkesempatan memaparkan di depan para pebisnis dunia.

”Sebagai perusahaan yang mengelola ini (Candi Borobudur) kita juga sampaikan potensi apa saja di destinasi yang kita kelola kepada calon mitra bisnis,” imbuh Ricky. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: