Ratusan Lampion Diterbangkan dari Kawasan Candi Borobudur Magelang, Beri Pesan Perdamaian

BNews—MAGELANG— Ratusan lampion dilepas dari kawasan Taman Wisata Candi Borobudur pada Sabtu (23/12/2023) malam. Penerbangan lampion tersebut merupakan rangkaian acara Pabbajja Samanera Sementara Tahun 2023 di Borobudur.

Sebelum menerbangkan lampion, para biksu sangha membaca paritta sekaligus bermeditasi terlebih dahulu. Dilanjutkan penyalaan lilin dan sekitar pukul 21.00 WIB, ratusan lampion diterbangkan.

Ketua panitia Pabbajja Samanera Sementara 2023 Fatmawati mengatakan, kegiatan ini adalah malam Sanghadana penyalaan lilin penerangan dan lampion perdamaian dunia.

”Maknanya, kami umat Buddha dengan menyalakan lilin penerangan sebagai sarana puja kepada Sang Buddha. Kami juga ingin menyalakan lilin kedamaian di hati kami masing-masing sehingga dari satu orang bisa menerangi banyak orang di sekelilingnya dan menerangi dunia dengan kedamaian dan perdamaian dunia,” katanya usai acara, Sabtu (23/12/2023).

Dia menyebut bahwa ada sekitar 300 lampion yang diterbangkan. Salah satunya sebagai bentuk hadiah kepada para tamu mancanegara seperti dari Singapura, China, Malaysia, Vietnam, Laos, hingga Kamboja.

”Mereka datang ke Indonesia. Kita berharap agar tamu-tamu asing yang datang dapat berbahagia dan membawa kenangan indah ini ke negara masing-masing,” ujarnya.

Tambah Fatmawati, tujuan acara Pabbajja Samanera adalah untuk membangun karakter Samanera bagi para peserta berdasarkan ajaran Buddha. Dengan cara yang praktis dan dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

”Untuk mengembangkan moral bagi seluruh peserta sehingga diharapkan berkembangnya moral religius, bertoleransi, beretika, memiliki rasa bakti kepada orang tua dan berbudi luhur,” imbuhnya.  

Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmad Dasuki berharap kegiatan ini dapat mendatangkan devisa bagi negara. Mengingat Candi Borobudur merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)

”Ini kegiatan keagamaan yang sebenarnya ada dua makna yakni spiritualitas dan memberikan dampak kepada masyarakat sekitar, para UMKM dan lainnya. Diharapkan ke depan, kegiatan-kegiatan macam ini bisa mendatangkan devisa negara,” harapnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: