Ratusan Nakes di Indonesia Wafat Akibat Covid-19, Lima Besar Tertinggi di Dunia

BNews—NASIONAL—Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  mengumumkan sebanyak 504 tenaga medis dan kesehatan wafat akibat terinfeksi Covid-19. Terhitung sejak pandemi Corona terjadi di Indonesia pada Maret hingga Desember 2020.

Jumlah tersebut diperoleh Tim Miigasi IDI berdasarkan data yang dirangkum dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Perastuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

”Terdapat total 504 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi Covid,” kata salah satu Tim Mitigasi PB IDI, Adib Khumaidi, Sabtu (2/1/2021). Dikutip dari Okenews.

Adib pun memaparkan daftar tenaga medis dan kesehatan yang meninggal akibat Covid-19. Rinciannya, 237 dokter dan 15 dokter gigi, 171 perawat, 64 bidan, 7 apoteker, 10 tenaga laboratorium medik.

Dari 237 dokter tersebut, terdiri dari 131 dokter umum, 101 dokter spesialis, dan 5 residen. ”Keseluruhannya berasal dari 25 IDI Wilayah atau Provinsi dan 102 IDI Cabang atau Kota/Kabupaten,” ujarnya.

Tambah dia, kematian tenaga medis dan kesehatan di Indonesia tercatat paling tinggi di Asia dan masuk 5 besar di seluruh dunia. Bahkan sepanjang bulan Desember 2020, kata Adib, tercatat  52 tenaga medis dokter meninggal akibat Covid-19.

”Angka ini naik hingga lima kali lipat dari awal pandemi,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: