Ratusan Peserta Ramaikan The Borobudur International Ecoprint Flag 2022 di Magelang

BNews—MAGELANG— Asosiasi Eco-Printer Indonesia (AEPI) menggelar The Borobudur International Ecoprint Flag 2022 pada Sabtu (29/10/2022). Acara dilaksanakan di kawasan Marga Utama Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Ketua panitia pelaksana The Borobudur International Ecoprint Flag 2022, Bustanul Arifin mengungkap salah satu tujuan acara ini adalah sebagai ajang silaturahmi bagi para ecoprinter, baik anggota AEPI maupun non AEPI. Untuk pesertanya sendiri, sekitar 264 peserta dari Dalam dan Luar Negeri.

Dalam event ini ada beberapa agenda, diantaranya pengibaran 1001 kain ecoprint yang berasal dari 28 provinsi di Indonesia dan beberapa dari mancanegara.

”Bendera ecoprint ini dibuat oleh para anggota AEPI dan juga non AEPI. Untuk mancanegara, bendera berasal dari Australia, Amerika, India, Jerman, Inggris dan lainnya,” ungkapnya di sela-sela acara tersebut, Sabtu (29/10/2022).

Kemudian, ada kegiatan ngecobar atau mengeco ecoprint bersama. Kata Bustanul, ecoprint akan dilelang dan hasilnya bakal disumbangkan ke panti asuhan di Kabupaten Magelang.

”Dalam acara ini juga dilaksanakan salah satu program untuk mendukung program Kebaya Goes to Unesco. Dimana para peserta putri mengenakan kebaya dan putra mengenakan pakaian adat. Semua dresscode harus berbahan utama ecoprint,” katanya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Sementara itu, Ketua AEPI, Puthut Ardianto mengatakan anggota AEPI saat ini berjumlah ribuan orang yang tersebar di beberapa wilayah. Antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera, Kalimantan dan Kawasan Timur Indonesia.

AEPI sendiri memiliki salah satu tujuan, selain menggaungkan semangat slow fashion, namun juga ingin menggaungkan prinsip bahwasanya seorang ecoprinter tidak hanya sekedar mengambil sumber daya alam sekitar, tetapi juga ikut melestarikannya dengan cara penanaman bersama.

”Dalam acara The Borobudur International Ecoprint Flag 2022 dilasanakan penanaman pohon-pohon ecoprint di kawasan Borobudur,” katanya.

Dia berharap, dengan acara ini, dapat memberikan dampak positif, baik bagi para ecoprinter sebagai pelaku usaha dan juga geliat pariwisata di kawasan Candi Borobudur. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!