IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ratusan Umat Hindu Magelang Rayakan Galungan, Sesaji Untuk Leluhur

BNews–MAGELANG– Hari Raya umat Hindu Galungan digelar di Pura Wira Buawana Akademi Militer Magelang kemarin (19/2/2020). Ratusan umat hindu berdatangan dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purworejo dan sekitarnya.

Penuh khusus mereka melakukan sembahyang lengkap dengan ciri khas umat Hindu. Meskipun diguyur hujan deras, mereka tetap khidmat.

Hari Raya Galungan sendiri diperingati sebagai hari kemenangan dharma (perbuatan baik) melawan adharma (perbuatan tidak baik). “Jadi Galungan ini merupakan hari pertempuran antara dharma dan adharma. Pertempuran sebenarnya bukan berakhir hari ini, tapi masih 10 hari ke depan,” jelas Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Magelang, Gede Mahardika (19/2/2020).

Dijelaskannya, bahwa selama 10 hari ke depan, umat Hindu melakukan pemujaan kepada dewa dewi dan juga leluhur. “Umat Hindu percaya bahwa mulai 3 hari lalu, leluhur-leluhur mereka yang sudah meninggal diberikan kesempatan untuk menengok dan menyambangi keturunan mereka di dunia. Maka di rumah masing-masing ada tempat persembahyangan khusus untuk leluhur,” jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa tempat sembahyang khusus yang dirumah mereka, disiapkan sesaji-sesaji berupa makanan dan minuman kesukaan leluhur pada saat hidup. “Hari Raya Galungan sendiri memiliki rangkaian kegiatan yang panjang. Dimulai dari 3 hari lalu, Jumat-Minggu,” terangnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Hari ini kita bersembahyang di pura, dengan harapan kita terus bisa menilai bahwa diri kita ini baik atau belum. Pertempuran sebenarnya tapi tidak bertempur dalam artian kasar, tapi menilai diri kita, introspeksi kemudian kita memuja para dewa, Tuhan, kemudian leluhur,” urainya.

Loading...

Kemudian selama 10 hari ke depan, lanjut Gede, umat Hindu akan melakukan pertempuran di rumah masing-masing untuk memenangkan kebaikan. “Sehingga nanti 10 hari, jatuhnya pada tanggal 29 Februari, Hari Raya Kuningan itu betul-betul kita menjadi orang yang baik kembali, orang unggul, orang yang menang di pertempuran ini,” paparnya.

Dalam perayaan Galungan tahun ini, ada harapan tersendiri yang dipanjatkan oleh umat Hindu. Dengan adanya pergolakan dunia yang semakin ketat, umat Hindu berharap bisa tetap tampil baik.

“Kami berharap bisa menjadi orang yang mampu introspeksi, orang yang bisa diajak berbicara, berpikir baik, diajak mencari solusi yang baik dan tetap kita pertahankan agama kita untuk kebaikan NKRI. Serta terus membina toleransi antar umat beragama,” pungasnya. (*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: