Rela Ketusuk Duri demi Rebutan Gunungan Durian di Candimulyo

BNews—CANDIMULYO—Sembilan belas gunungan Durian diperebutan ribuan masyarakat siang tadi (17/3). Acara ini berlangsung dalam rangka HUT Kota Mungkid ke-34 dengan digelar Festival Durian Candimulyo 2018 di lapangan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.

Sejumlah pengunjung mengalami luka akibat terkena kulit durian saat berdesar-desakan berebut durian. ”Hanya luka kecil tidak sebanding dengan rasa senang saya berebut durian,” ungkap Dharma, 21 salah satu pengunjung asal Kota Magelang sambil menujukan luka pada telapak tangganya.

Sementara ketua panitia kegiatan, Triyono menyebutkan 19 gunungan merupakan jumlah desa yang ada di Kecamatan Candimulyo. “ Setiap desa diwajibkan membuat satu gunungan dan sebelum digerebek, gunungan terlebih dahulu dinilai dan dikirab sepanjang sekitar satu km dari SMP 1 Candimulyo menuju lapangan kecamatan,” katanya.

Untuk nilai tertinggi diperoleh Gunungan Durian dari Desa Giyanti.”Hal ini dinilai karena menggunakan durian terbanyak sehingga menjadi gunungan durian terbesar dibandingakan peserta lainnya,” imbuhnya.

Gunungan Desa Giyanti ini menggunakan 120 buah durian. “Gunungan ini tidak ikut digerebeh, karena nantinya akan dipamerkan dalam acara Festival Makanan Djadoel di Lapangan Sawitan esok tanggal 23-25 Maret 2018,” paparnya.

DURIAN : Salah satu Gunungan Durian yang digerebek warga siang tadi di Festival Durian Candimulyo  (17/3)--(Foto--Istimewa)
DURIAN : Salah satu Gunungan Durian yang digerebek warga siang tadi di Festival Durian Candimulyo (17/3)–(Foto–Istimewa)

Festival Durian Candimulyo ini sudah dimulai sejak Jumat 16 Maret 2018 kemarin dan akan berakhir besok Minggu, 18 Maret 2018.”Berbagai macam kegiatan dalam festival ini, dimana sebelumnya adalah lomba membuat olahan makanan durian, dan hingga besok ribuan durian akan dijajahkan dalam bazzar Durian,” tegasnya.

Triyono menambahkan, bahwa di Kecamatan Candimulyo terdapat 12.272 batang pohon durian dengan luasan lahan 97 hektare, tersebar di 19 desa. “ Pada musim buah seperti ini, setiap pohon bisa menghasilkan 75-100 durian, Adapun tanaman yang berusia di atas 40 tahun, bisa menghasilkan lebih dari 400 durian bahkan ada yang mencapai 1000 durian,” tandasnya.

Sementara Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Eko Triyono menyebutkan durian Candy dari Candimulyo memiliki nilai khas yang membuat beda dengan durian daerah lain. “Keunikan inilah yang membuat durian dari kawasan ini dicari dan Candimulyo didatangi warga dari berbagai daerah untuk berburu durian,” katanya.

“Festival durian telah menjadi ikon wisata Candimulyo seperti yang diharapkan warga, dan kini tinggal memeliharanya agar berkembang semakin baik dan dapat memabntu perekonomian masyarakat Candimulyo,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: