Pemkot Magelang Keluarkan Rp 13 Miliar untuk Bayar Gaji ke 13 PNS

BNews—MAGELANG— Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Magelang bakal segera mendapatkan gaji ke 13. Untuk membayarkan gaji ke 13 ini, Pemkot Magelang harus mengeluarkan biaya Rp 13 miliar.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Mgelang Larsita. Dia mengatakan gaji ke 13 ini akan cair bulan Juli mendatang. “Sesuai Peraturan Pemerintah No 35 Tahun 2019,” kata dia, hari ini (12/6).

Menurutnya, di lingkup Pemkot Magelang ada 2.937 PNS. Untuk membayar jumlah PNS itu dibutuhkan Rp 13 miliar.

Sebelumnya, sudah diberikan tunjangan jelang hari raya atau biasa disebut gaji 14 akhir Mei 2019 lalu. ”Gaji ke-13 ini sifatnya tanpa potongan,” ujarnya saat ditemui usai halalbihalal di kompleks Kantor Setda Kota Magelang.

Dia menjelaskan,  komponen besaran yang akan diterima para abdi negara ini adalah gaji pokok ditambah tunjangan kinerja (tukin). Besaran dana yang didapat pun sama dengan tunjangan hari raya (THR). “Sama artinya, sama-sama tanpa potongan dan sekali gaji antara gaji 14 dan gaji 13,” katanya.

Meski demikian, untuk dana global yang dialokasikan belum tentu sama. Sebab, untuk gaji ke-14 mendasar pada gaji ASN bulan April 2019. Sementara dasar pencairan gaji ke-13 adalah gaji ASN pada bulan Juni 2019.

Larsita menambahkan, pembayaran THR dan gaji ke-13 juga meliputi 153 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Magelang formasi tahun 2018. Sebab, berdasarkan surat keputusan (SK), CPNS .

Terpisah, Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono mengutarakan, perhatian negara begitu besar terhadap kesejahteraan ASN, dibuktikan dengan besaran tunjangan yang diberikan. Ia berharap agar ASN senantiasa meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan layanan publik secara konsisten.

“Walaupun pencairan agak berdekatan, THR bulan Mei dan gaji 13 bulan Juli hanya selisih 2 bulan, tapi saya harap ASN menggunakannya berdasarkan asas kemanfaatan. Kebutuhan primer diutamakan, ketimbang lainnya,” tandasnya. (bn1/han)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: