Satu Lagi Varietas Unggulan Kabupaten Magelang, Petani Diajak Menaman Bibit Padi Jangir

BNews—MAGELANG— Petani Kabupaten Magelang diajak meningkatkan produktivitas padi dengan menanam bibit padi varietas Jangir secara organik.

“Varietas Jangir itu berbeda dengan varietas yang lain dalam hal rasa,” kata petani inovatif asal Desa Kalisalak, Salaman, Kabupaten Magelang, Muhammad Khoirul Arif Isnanto, Sabtu (3/4/2021) dikutip beritamagelang.id.

Pria yang akrab disapa Anto ini menyebut bahwa dibanding padi varietas lain, padi Jangir lebih unggul dan dari rasanya juga lebih enak pulen.

Sesuai hasil kajian tanam dalam kurun waktu lima tahun, lanjut Anto, padi Jangir yang ditanam di lahan seluas 1.000 meter, hasil panen pernah mencapai 1 ton lebih dengan pola tanam secara organik.

”Sedangkan padi jenis lain menggunakan pupuk kimia pada lahan yang sama hanya menghasilkan kisaran 6-7 kuintal saja,” ujarnya

DPD PKS Magelang Ramadhan

Lebih lanjut, Anto mengatakan bahwa dirinya bersama Kawung Sari Agro akan bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang. Guna mengembangkan padi Jangir sebagai potensi unggulan di Kabupaten Magelang.

“Ke depan kita akan bersinergi dengan Dinas dan petani di Kabupaten Magelang untuk menciptakan lahan subur pertanian. Yang ramah lingkungan yang bebas dari residu akibat penggunaan pestisida dan pupuk kimia,” paparnya.

Tambah dia, dalam proses menggarap sawah juga dilakukan secara tradisional. Yakni menggunakan caplak atau alat yang dibutuhkan untuk membuat alur barisan memanjang dan membujur sesuai dengan jarak tanam yang ditentukan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: