Sedekah Bumi, Warga Salaman Minta Turun Hujan

BNews—SALAMAN— Warga Dusun Kalipucang Desa Kalirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang menggelar tradisi merti desa tau sedekah Bumi. Melalui kegiatan skaral itu, warga juga memohon kepada Tuhan memberikan hujan.

Kepala Desa Kalirejo, Agus Prasetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun yang akan terus dllestarikan. Sejak tiga tahun sudah jadi merti desa, tidak hanya ditingkat dusun.

Advertisements


Rangkaian kegiatan diantaanya kirab budaya, ritual di makam Raden Sholeh Kiai Semampir yang jadi prajurit Pangeran Diponegoro. Kemudian dilaksanakan wayangan semalam suntuk dan juga pengajian. 


“Semoga dapat menjadikan amal, silahturahim dan makmurnya masyarakat Desa Kalirejo,” papar Agus.

Dalam kirab budaya, masyarakat setempat menampilkan kesenian dan hasil bumi berupa tumpeng nasi kuning, sayur mayur, palawija dan buah-buahan.

“Pada musim kemarau kekeringan, saat hujan rawan longsor. Hal ini bisa dicegah dengan menanam banyak pohon penyimpan air. Kebetulan di Pemkab Magelang terdapat Bank Pohon, yang bisa memberikan bibit pohon untuk ditanam di sini. Apa yang menjadi kekurangan bisa dilaporkan kepada pemerintah, agar pembangunan bisa diselesaikan dengan baik, dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” ucap Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: