Terima 100 Dosis Vaksin PMK, Pemkot Magelang Mulai Vaksinasi Hewan Ternak

BNews—MAGELANG— Vaksinasi penyakit mulut dan kuku atau PMK perdana untuk hewan ternak, khususnya sapi di Kota Magelang resmi dilakukan. Launching kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark pada hari ini, Selasa (28/6/2022).

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengungkapkan bahwa Kota Magelang mendapat alokasi vaksin sebanyak 100 dosis. Dengan vaksinasi ini, diharapkan dapat menekan penyebaran PMK.

”Hari ini perdana, sapi-sapi yang ada di Kota Magelang dilakukan vaksin PMK,” ungkapnya, usai launching vaksinasi PMK tahap pertama Kota Magelang di TKL Ecopark, Selasa (28/6/2022).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono meminta masyarakat khususnya peternak untuk waspada dan berperan aktif agar kasus PMK di Kota Magelang tidak meluas.

”Masyarakat agar bisa memanfaatkan vaksin ini. Kalau punya hewan ternak lapor ke petugas agar divaksin. Gratis,” tandas Joko.

Terkait persiapan Idul Adha 1443H/2022, Joko mengatakan pihaknya telah membentuk satgas penanganan penyebaran PMK.

“Masing-masing tempat penjualan ternak dan lalu lintas dicek, semua harus ada surat keterangan sehat,” katanya.

Kepala UPT Puskeswan Kota Magelang drh Heru Tri Susila mengatakan, pihaknya melakukan vaksinasi PMK tahap pertama hari ini dengan target 100 dosis.

”Vaksin harus dihabiskan maksimal 36 jam. Yang kita takutkan itu kan rantai dinginnya. Vaksin yang diterima harus selalu disimpan melalui rantai dingin dengan suhu dua hingga delapan derajat. Kalau kita dilapangan kurang baik, takutnya vaksinnya akan rusak,” sambung dia.

Vaksinasi PMK sendiri, lanjut Heru, dilakukan secara door to door. ”Hari ini kita targetkan selesai sesuai dosis,” imbuhnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: